logo


Mirip Sariawan, Gejala Ini Jadi Pertanda Kamu Terkena Kanker Lidah!

Gejala kanker lidah sering dikira penderitanya sebagai sariawan belaka.

3 Desember 2018 05:23 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

Lidah merupakan bagian dari rongga mulut, sehingga ada juga sebutan kanker rongga mulut yang dapat menyerang lidah, langit-langit, gusi, pipi, dasar mulut, ruang di belakang gigi.

Ahli kanker RS Sanglah ini mengatakan, penyebab kanker rongga mulut secara umum karena merokok, suka minum alkohol, kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga, dan orang-orang yang memakai gigi palsu yang tidak baik. Ada bagian gigi palsu yang menusuk rongga mulut atau gusi dan menyebabkan luka serta infeksi kronis.

Baca juga: Jika Merokok itu Berbahaya, Kenapa Tidak Semua Perokok Terkena Kanker?


Tak Pernah Melakukan Kegiatan Ini, Bahayanya Sama Seperti Pecandu Rokok

Menurutnya, jika kanker lidah ditemukan sejak awal atau pada stadium rendah, dan segera dilakukan operasi yang benar, maka kanker lidah biasanya disembuhkan. "Jarang ada kematian karena kanker lidah yang sudah ditemukan dalam stadium awal," ujarnya.

Meski begitu, menurut dokter Tjakra jika benjolan di lidah masuk dalam stadium akut, maka tindakan operasi tidak bisa dilakukan lagi. Ada obat-obatan lain seperti kemoterapi dan radiasi, akan tetapi hasilnya tetap tidak sebaik seperti operasi. Akibatnya, lidah bengkak, tidak bisa makan dan minum, dan muncul rasa sakit,

Pencegahan awal sariawan di lidah perlu dilakukan agar kamu tidak mengalami kanker lidah. Bersihkan gigi dan serta rutin memeriksakan gigi adalah sesuatu yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan rongga mulut secara keseluruhan.

Dibanding Kopi, Minuman Ini Terbukti Membuat Kamu Lebih Fokusdi Pagi Hari

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu