logo


Mirip Sariawan, Gejala Ini Jadi Pertanda Kamu Terkena Kanker Lidah!

Gejala kanker lidah sering dikira penderitanya sebagai sariawan belaka.

3 Desember 2018 05:23 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penyebab sariawan di lidah sudah banyak diketahui. Namun, siapa sangka, ternyata ada penyakit dengan gejala awal mirip lidah sariawan tapi lebih berbahaya.

Bagikamu yang menderita sariawan di lidah tetapi tak kunjung sembuh selama dua minggu, sepertinya kamu harus waspada dengan kondisi ini, karena bisa saja ini merupakan tanda kanker lidah.

Baca juga: Jika Merokok itu Berbahaya, Kenapa Tidak Semua Perokok Terkena Kanker?


Tak Pernah Melakukan Kegiatan Ini, Bahayanya Sama Seperti Pecandu Rokok

Menlansir dari laman doktersehat.com, menurut Prof. Dr. dr. I.B. Tjakra Wibawa Manuaba, M.P.H.,Sp.B(K) Onk, FinaCS, gejala awal kanker lidah memang mirip lidah sariawan. Bedanya, ketika lidah sakit tersebut diraba ada pengerasan di sekitar luka. Sementara sariawan di lidah bukan kanker akan terasa lunak.

Pada lidah sariawan, luka tempatnya berpindah-pindah, sedangkan pada kanker, luka pada tempat yang sama dan tidak kunjung sembuh. Makin lama luka makin membesar, lama kelamaan ada benjolan di lidah yang mengeras seperti bunga kol. Kanker ini lebih banyak menyerang orang dewasa.

Gejala lainnya adalah lidah sakit semakin parah, namun rasa perih dan ngilu akan berkurang bahkan menjadi mati rasa. Terjadi perubahan pada suara, lidah menjadi sulit bergerak, dan pasien terkadang juga mengalami kesulitan membuka mulut.

Dibanding Kopi, Minuman Ini Terbukti Membuat Kamu Lebih Fokusdi Pagi Hari

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu