logo


Terungkap! Ini Penyebab Orang Menjadi Latah

Latah merupakan kelainan sangat langka yang ditandai dengan reaksi terkejut yang cukup ekstrem

1 Desember 2018 11:17 WIB

Ilustrasi bau mulut - Remedies For Me
Ilustrasi bau mulut - Remedies For Me

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pernahkah kalian bertemu dengan orang yang latah saat kaget? Biasanya orang dengan kondisi seperti ini akan merespons kekagetan mereka dengan gerakan atau ucapan spontan. Nah, apa itu sebenarnya latah?

Latah ini pertama kali ditemukan pada abad ke-19 di Maine, Amerika Serikat dan Quebec. Latah merupakan kelainan sangat langka yang ditandai dengan reaksi terkejut yang cukup ekstrem.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Jenis Botol Plastik yang Aman Digunakan Untuk Menyimpan Air Minum


Terungkap! Ini Sebabnya Kita Lebih Mudah Mengingat Lirik Lagu

Awas, Penderita Hipertensi Bisa Alami Pendarahan di 3 Titik Ini

Orang yang latah akan menunjukkan reaksi yang tak terduga saat ia merasa kaget. Seseorang yang mengalaminya bisa menunjukkan reaksi berlebihan yang tidak biasa. Dari mulai mengulang kata-kata, melompat, menjerit, memukul, hingga melempar sesuatu, seperti yang Jitunews lansir dari hellosehat.

Respons orang latah terjadi sangat cepat, natural, dan tanpa disengaja. Orang latah tidak mampu mengendalikan kondisinya sendiri sehingga terkadang kata-kata yang keluar tidak terduga bahkan bisa mengandung kata-kata kotor. Kondisi ini biasanya dimulai setelah masa pubertas atau selama masa remaja.

Salah satu teori menyebutkan bahwa kelainan ini terjadi sebagai respons dalam kondisi esktrem terhadap sesuatu yang dipengaruhi faktor budaya. Kondisi ini sering kali dikaitkan dengan kelainan neuropsikiatrik.

"Prabowo Itu Manusia Latah"

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata