logo


Sofyan Djalil Minta Proyek Pembangunan Trans Sumatera Diberikan ke BUMN

Penyerahan proyek kepada BUMN Karya dikarenakan adanya kemungkinan menghasilkan keuntungan

11 Februari 2015 13:21 WIB

Menko Perekonomian Sofyan Djalil (Ist)
Menko Perekonomian Sofyan Djalil (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rencana pembangunan infrastruktur masif yang akan dibangun pemerintah dipastikan akan menggandeng BUMN Karya sebagai pengarap proyek tersebut. Proyek jalan trans sumatera, trans kalimantan dan beberapa proyek besar yang akan dimulai pengerjaannya dalam waktu dekat akan diserahkan kepada BUMN Karya. Menteri Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan rencana tersebut untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan BUMN.

Sofyan mengatakan, penyerahan proyek tersebut kepada BUMN Karya dikarenakan adanya kemungkinan menghasilkan keuntungan. Berbeda bila pemerintah menyerahkan proyek tersebut ke Kementerian PU yang dinilai tidak akan menghasilkan keuntungan bagi pemerintah. Ia mengatakan BUMN Karya dapat mengolah modal pemerintah agar menghasilkan keuntungan, sedang PU hanya menghabiskan modal pemerintah menjadi sebuah proyek infrasturktur tanpa memikirkan segi bisnis.

"Begini karena kan sasaran kita kan untuk membangun infrastruktur, idenya adalah kalau misalnya ada uang kita kasih ke PU (Pekerjaan Umum), Katakanlah kasih ke PU. PU bikin jalan, yang bisa dibikin jalan oleh PU adalah kalau kita taruh 10 triliun yang bisa dibikin jalan adalah 10 triliun. Tapi kalau kita taruh kepada BUMN Karya nilai 10 triliun itu dia bisa sampai dengan 80 triliun." tuturnya di Jakarta, Rabu (11/2).


PUPR Tetapkan Tarif Integrasi Tol Jakarta Cikampek II Mulai 17 Januari, Berikut Rinciannya

Menurutnya logika berpikir seperi itu perlu mengingat BUMN Indonesia tidak menghasilkan seperti yang diharapkan. Jika dibandingkan dengan BUMN milik Malaysia, Petronas, seluruh keuntungan yang didapat BUMN Indonesia dalam setahun tidak melebihi kentungan yang Petronas dapat dalam kurun waktu yang sama.

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran Selesai Bulan Ini

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan