logo


Awas, Motor Matic Jangan Asal Terobos Genangan Air, Akibatnya Bisa Pecah

Hujan telah melanda beberapa daerah dan genangan air atau banjir akan muncul ketika hujan turun, waspada bagi motor matic

30 November 2018 11:21 WIB

Sejumlah kendaraan melintasi banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (15/2).
Sejumlah kendaraan melintasi banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (15/2). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika kalian pengguna motor matik, kalian harus waspada saat menerjang banjir atau melewati genangan air.

Bahkan saking bahanya kalian lebih baik untuk mencari jalan lain yang bebas banjir. Jika terpaksa harus melewati banjir, kalian harus simak beberapa  hal ini.

Baca Juga: Tak Ada yang Tahu, Ini Rahasia Tersembunyi dari Bioskop yang Membuat Kita Terkejut! Nomor 4 Jangan Sampai Terjadi ya


Pengen Motor Kamu Irit Bahan Bakar? Yuk Simak!

Bukan Sehari Sekali, Ini Idealnya BAB dalam Seminggu

Batas aman di motor matik adalah air tidak boleh sampai menyentuh filter udara. Letak filter udara pada motor matic memang berbeda dengan motor sport dan bebek. Letaknya yang di bawah membuat rawan kalau menerobos banjir, seperti yang Jitunews kutip dari otomania (12/11).

Maka dari itu, batas aman melewati  banjir adalah sampai dek. Jika airnya baru menyentuh dek, tidak masalah. Tapi jika sudah menyentuh footstep lebih baik motor putar balik. Hal ini dikarenakan air bisa masuk ke filter udara yanng kemudian menembus ke karburator atau throttle body.

Air banjir akan menyumbat suplai udara dan membuat motor matik mati. Parahnya, jika air yang lolos dari filter udara sampai masuk ke ruang bakar, setang seher (piston) bisa bengkok.

Piston yang bengkok ini akibar dari water hammer atau dikenal dengan fluid hammer. Dan jika siklus kompresi piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) akan menyebabkan seher pecah.

Hamil 7 Bulan, Terungkap! Ini Panggilan Sayang Raisa ke Hamish Daud

Tak hanya itu, yang perlu diperhatikan juga saat menerobos banjir adalah tetap jaga putaran mesin stabil serta hindari penggunaan rem depan.

 

Ini Bahaya yang Mengintai Jika Kamu Terlalu Lama Memanaskan Motormu

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata