logo


Jonan Paparkan Jalan Pemerintah Menuju Ketahanan Energi

Jalan lain untuk mencapai ketahanan energi adalah menciptakan kendaraan listrik

29 November 2018 18:34 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah terus melakukan berbagai pembenahan di sektor energi dan mineral guna mewujudkan ketahanan energi nasional di masa mendatang. Langkah dan arah kebijakan yang tengah ditempuh adalah dengan menjadikan sumber energi sebagai modal pembangunan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menyebutkan, Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai sumber energi fosil sudah tidak bisa dipakai sebagai penopang utama dalam ketersediaan sumber energi pada jangka waktu panjang.

"Masih ada 50% orang yang berprespektif sentimental beranggapan bahwa Indonesia itu sangat kaya dengan sumber daya alam. Dulu Blok Rokan di Riau itu produksinya lebih dari satu juta barel sehari, gas dan batubara pun besar," kata Jonan dalam acara Pertamina Energy Forum 2018, di Jakarta, Kamis (29/11).


Luhut Binsar Sambut Baik Pertamina Energy Forum 2018

Jonan menjelaskan, energi fosil akan mengalami sifat ilmiah, yakni tidak bisa diperbarui sehingga menyebabkan cadangan energi fosil terus menurun dari tahun ke tahun. Untuk menyiasati permasalahan tersebut, Pemerintah mencari cara-cara strategis yang realistis dengan kondisi sumber daya alam Indonesia.

"Yang sentimentil ini harus berubah menjadi prespektif yang realistis contoh melalui pemanfaatan batubara. Ini menurut saya penting, pemanfaatan energi harus berdasarkan platform yang realistis ke depan," tegasnya.

Menteri ESDM Apresiasi Adanya Sinergi Antar BUMN untuk Mengembangkan Energi Baru

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×