logo


Tahun Depan, Bos Pertamina Janji Kurangi Impor BBM

Berbagai upaya yang sudah dilakukan Pertamina untuk menurunkan impor minyak dan gas bumi (migas).

28 November 2018 19:22 WIB

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati (kedua dari kanan), di acara Pertamina Energy Forum (PEF) 2018, di The Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (28/11).
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati (kedua dari kanan), di acara Pertamina Energy Forum (PEF) 2018, di The Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (28/11). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, optimistis bahwa pada tahun depan, porsi keseluruhan impor bahan bakar minyak (BBM) bisa turun secara drastis.

"Tahun depan seluruh impor bisa kita turunkan," kata Nicke, usai membuka acara Pertamina Energy Forum 2018, di Jakarta, Rabu (28/11).

Nicke mengungkapkan, berbagai upaya yang sudah dilakukan Pertamina untuk menurunkan impor minyak dan gas bumi (migas).


PEF 2018: Bos Pertamina Beberkan Jurus Jitu Genjot Potensi Energi Lokal

Salah satunya yakni memaksimalkan program B20 atau campuran 20 persen penggunaan biodiesel sehingga menekan konsumsi solar.

Kemudian, sambung dia, Pertamina juga melakukan konversi kilang eksisting untuk menghasilkan green fuel, seperti di Kilang Plaju dan Balongan.

Sejalan meningkatnya konsumen elpiji, kata dia, Pertamina berinisiatif menggunakan coal gas atau gasifikasi dari batu bara sehingga mampu menekan impor elpiji hingga 70 persen.

"Coal gas dapat menghasilkan DME (dimetil eter) yang mampu mengurangi penggunaan konsumsi elpiji," beber dia.

Dukung Implementasi B100, Pertamina Siapkan Green Refinery Project

Halaman: 
Penulis : Riana