logo


Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Sering Menahan Buang Air Kecil

Hal kecil tapi resikonya besar.

28 November 2018 16:28 WIB

Tahan kencing
Tahan kencing detikHealth

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seringkali kita menahan buang air kecil akibat aktivitas yang padat, sebelum benar-benar menemukan toilet.

Banyak dari kita yang terpaksa menahan kencing dalam keadaan tersebut. Rasa ingin buang air kecil tersebut terjadi berkat reseptor kecil di dinding kandung kemih. Reseptor tersebut mengirim sinyal ke otak ketika kandung kemih dalam keadaan penuh.

Meski tubuh kita memiliki kontrol penuh atas fungsi kandung kemih. Artinya, ketika perasaan ingin berkemih itu muncul, kita bisa memilih segera ke kamar kecil atau terpaksa menahan kencing.


Hanya Mengonsumsi Makanan Ini, Kulitmu Akan Cerah dan Terhindar dari Keriput

Saat menahan kencing, maka tutup tabung di kandung kemih akan menutup dengan erat. Tertutupnya kandung kemih ini akan menjaga urine tidak bocor melalui uretra.

Seperti yang dilansir dari Science Alert (07/03), otot kecil tersebut memiliki kekuatan yang luar biasa karena bisa bekerja secara konsisten dalam jangka waktu lama. Menahan kencing tentunya mempunyai risiko sendiri. Sering menahan kencing dalam jangka waktu panjang bisa memunculkan risiko infeksi lebih tinggi.

Simak penjelasan lengkapnya di halaman kedua.

Jangan Pernah Kamu Berolahraga Setelah Melakukan 4 AKtivitas Ini, Resikonya Gak Main-main!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu