logo


Wajib Baca! Begini Cara Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita

28 November 2018 11:47 WIB

Olahraga / Berkeringat
Olahraga / Berkeringat merdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Bahkan, penyakit ini juga termasuk penyebab kematian utama wanita.

Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 350.000 wanita dengan kanker payudara. Namun jangan terlalu khawatir, ada banyak cara mencegah kanker payudara yang dapat diusahakan sendiri.

Kebiasaan menjalani hidup sehat, seperti mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, menjauhi minuman beralkohol, serta aktif berolahraga dapat membantu mencegah kanker payudara.


Hati-hati dengan Barang-barang di Kamarmu, Bisa Picu Kanker

Perlu diketahui bahwa ada risiko-risiko terkait kanker payudara yang tidak dapat dihindari, misalnya terlahir sebagai wanita, faktor genetik, dan mencapai usia tertentu. Mari kita bahas satu-persatu.

Faktor genetik

Tidak dapat dipungkiri, faktor genetik sangat berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya kanker payudara. Faktor ini memberi andil dalam penyakit tersebut sebanyak 5-10 persen. Meskipun demikian, ada pula penderita kanker payudara yang sama sekali tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa. Hal ini berarti faktor lingkungan juga memengaruhi, sehingga masih ada harapan tinggi untuk dapat mencegah kanker payudara melalui gaya hidup yang sehat.

Faktor usia

Pada kasus kanker payudara, makin tua usia wanita dianggap makin berisiko terkena penyakit ini. Rata-rata kasus kanker payudara ditemukan pada wanita berusia di atas 50 tahun. Wanita yang mengalami menstruasi pertama kali pada usia di bawah 12 tahun dan wanita yang mengalami menopause setelah usia 55 tahun juga berisiko terkena kanker payudara.

Kurang dari 16 Jam, Tanaman Ini Mampu Membunuh Sel Kanker 98%

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma