logo


Pelajaran PMP Akan Dihidupkan Lagi, SAH: Sejak Era Mendikbudnya Pak Anies…

SAH mengungkapkan bahwa pihaknya telah lama mengusulkan pelajaran PMP diajarkan kembali di sekolah-sekolah

27 November 2018 17:32 WIB

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH), menyambut baik rencana pemerintah yang akan memasukkan kembali pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dalam Kurikulum sekolah.

SAH mengungkapkan bahwa pihaknya telah lama mengusulkan pelajaran PMP diajarkan kembali di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

"Saya sejak era Mendikbud Pak Anies telah lama mengusulkan agar PMP kembali diajarkan di sekolah-sekolah dari SD, SMP dan SMU,” ujar SAH saat dihubungi Jitunews.com, Selasa (27/11).


Bamsoet Sebut Perkembangan Ekonomi RI Tunjukkan Tren Positif dan Stabil

Menurutnya, meskipun sekarang ini selalu dilakukan sosialisasi terhadap empat pilar kebangsaan, tapi pendidikan moral Pancasila ini perlu semakin digalakkan, agar generasi muda sekarang ini semakin memahami nilai filosofis persatuan dalam kehidupan kenegaraan dan kebangsaan karena hal ini menjadi kunci kemajuan suatu bangsa.

“Sehingga melalui pelajaran PMP ini semangat moralitas bangsa itu oleh founding fathers kita diungkapkan dalam suatu seloka, yang merupakan simbol moralitas bangsa, yaitu Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

SAH menegaskan bahwa dalam Pancasila yang mengandung nilai-nilai etis bahwa setiap manusia apapun ras, etnis, golongan, agama adalah sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, pada hakikatnya sama berdasarkan harkat dan martabat manusia yang beradab.

Pelajaran PMP Diajarkan Kembali, DPR Yakin Tidak Kembali ke Masa Orde Baru

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana