logo


Kesemutan Itu Normal, Tapi Jika Keseringan Artinya Anda Beresiko Mengidap Penyakit Ini

 Kesemutan atau dalam istilah medisnya disebut parestesia adalah sensasi geli atau mati rasa yang dibarengi dengan perasaan seperti Anda tertusuk jarum.

27 November 2018 11:35 WIB

penyebab kesemutan
penyebab kesemutan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kesemutan atau dalam istilah medisnya disebut parestesia adalah sensasi geli atau mati rasa yang dibarengi dengan perasaan seperti Anda tertusuk jarum.

Dilansir dari laman Alodokter (27/11), hal ini terjadi ketika saraf secara tidak sengaja mendapatkan tekanan sehingga aliran darah pada saraf tidak lancar.

BACA JUGA: Jangan Lulus Kuliah! Jika Belum Kuasai 5 Bekal Ini Terlebih Dulu


Mau Cepat Tidur? Coba Lakukan Pijatan di Titik Ini

Kesemutan pun ada yang bersifat sementara dan kesemutan berkepanjangan yang dikenal dengan istilah parestesia kronis. Kesemutan juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.

Tidak hanya terjadi pada lengan atau kaki, kesemutan sementara terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat.

Anda bisa merasakan kesemutan pada kaki setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil. Kesemutan pada tangan juga dapat dirasakan, misalnya ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan.

Karena bersifat sementara, kondisi ini bisa mereda dengan sendirinya jika Anda membebaskan area yang kesemutan dari tekanan, seperti meluruskan kaki setelah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu aliran darah akan kembali lancar.

Kentang Goreng Memang Tidak Sehat, Tapi Ada Cara Mengakalinya Lho

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma