logo


4 Cara Jitu Enyahkan Tenggorokan Gatal

Tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni alergi, iritasi seperti polusi atau rokok

11 Februari 2015 09:42 WIB

Tengorokan gatal
Tengorokan gatal

JITUNEWS.COM - Tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni alergi, iritasi seperti polusi atau rokok, infeksi virus, terlalu lama berbicara, dan sebagainya. Karena bukan termasuk penyakit serius, Anda masih bisa mengatasinya dengan penanganan sederhana yang dilakukan di rumah. Dengan catatan, jika tenggorokan gatal disertai demam atau tidak hilang dengan cara berikut, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini adalah cara-cara penanganan untuk tenggorokan gatal:

1. Coba Pakai Madu
Campurkan madu ke dalam jus lemon. Madu mengandung zat-zat antibakteri yang mampu membantu mengatasi tenggorokan gatal. Sementara itu, jus lemon memiliki vitamin C yang tentunya kaya akan antioksidan.

2. Coba Minum Air yang Cukup
Jangan sampai kekurangan cairan karena bila Anda dehidrasi, kondisi tenggorokan akan semakin buruk. Selain air putih, Anda bisa mendapatkan asupan dari teh atau sup hangat, di mana uapnya dapat membuka saluran hidung yang berkontribusi terhadap kekeringan tenggorokan.

3. Coba Berkumur
Berkumur akan mengurangi sakit atau gatal pada tenggorokan, karena dapat melembapkan jaringan dan meningkatkan suplai darah ke area tersebut. Coba campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat dan berkumur dua kali sehari. Jangan ditelan.

4. Coba Kurangi Bicara Sejenak
Tenggorokan kering dan gatal bisa disebabkan karena terlalu lama berbicara. Kurangi aktivitas berbicara selama beberapa jam pada malam hari. Anda bisa melakukannya sembari minum teh hangat atau mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Hati-hati, Gatal Jadi Tanda Terserang Penyakit Mematikan Ini

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah