logo


Dirjen Migas: Konverter Kit Bisa Bikin Nelayan Hemat Hingga 50%

Pembagian konverter kit BBM ke LPG ini merupakan salah satu upaya Pemerintah melakukan diversifikasi energi

26 November 2018 23:37 WIB

Konverter Kit
Konverter Kit Dok. KESDM

SAMARINDA, JITUNEWS.COM - Kementerian ESDM, dalam hal ini Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi kembali mendistribusikan 143 Konverter Kit (konkit) LPG 3 Kg secara gratis.

Kali ini, konkit tersebut diberikan kepada nelayan Samarinda, Kalimantan Timur.

"Program konkit ini sebenarnya ditujukan supaya biaya operasional nelayan lebih rendah sehingga pendapatan nelayan bisa membaik. Dengan konverter kit berbahan bakar LPG, nelayan bisa menghemat biaya operasional penggunaan LPG sampai dengan sekitar 30% dengan asumsi tanpa ada subsidi. Bila dengan subsidi yang berlaku sekarang ini baik untuk bensin maupun LPG, maka penghematan yang diperoleh bisa mencapai sekitar 50%," kata Dirjen Migas ESDM, Djoko Siswanto, dikutip dari lamam esdm.go.id, Senin (26/11).


Soal Penurunan Harga BBM Non Subsidi, Ini Kata Pertamina

Djoko mengungkapkan, pembagian konverter kit BBM ke LPG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil merupakan salah satu upaya Pemerintah melakukan diversifikasi energi, yaitu menyediakan alternatif energi yang dapat digunakan.

Pemilihan LPG sebagaisumberenergilantarandinilai sudah akrab dan dapat digunakansecarapraktis di masyarakat.

Ia pun berharap, bantuan ini dapat meringankan beban perekonomian para nelayan setempat.

"Dengan semakin bertambahnya nelayan kecil yang menerima bantuan konkit ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan, melainkan juga mendorong roda pembangunan di sektor perikanan," harap Djoko.

Demi Amankan BBM Jelang Natal dan Tahun Baru, Bos Pertamina Bakal Lakukan Ini

Halaman: 
Penulis : Riana