logo


Keren! Inovasi Jitu PEP Berhasil Tingkatkan Lifetime Sumur

Scale BUM telah dipasang di 3 sumur di struktur Talang Jimar dengan peningkatan lifetime sumur lebih dari 5 bulan.

26 November 2018 22:48 WIB


Tidak tanggung tanggung, Scale BUM telah divalidasi dari Internal PEP melalui Non Destruktif Test (NDT) Magnetic Particle Test (MPI) sesuai ASME V oleh tim HSSE. Design alat pun sudah diverifikasi oleh VP Surface Facility.

Sedangkan untuk validasi eksternal, telah dilakukan inspeksi teknis oleh PT Radiant Utama, validasi analisa air formasi oleh PT Sucofindo, validasi keaslian ide dan rasio keberhasilan kinerja alat sesuai teori ilmiah oleh UTC Pertamina, Research Centre for Chemistry Indonesian Institute of Science (LIPI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Asset 2 General Manager, Astri Pujianto, mengapresiasi keberhasilan tim CIP TPGK dengan inovasi Scale BUM yang bahkan sudah didaftarkan paten di HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual di Indonesia).


KESDM Uji Coba B20 Pada Kereta Api, Hasilnya Ini

"Selamat dan terima kasih atas keberhasilannya mencegah terbentuknya scale dengan menggunakan invensi scale BUM di struktur Talang Jimar, hingga meningkatkan lifeime sumur dan flowline. Ini dapat direplikasi hingga seluruh anak perusahaan hulu lainnya," tutur Puji, sapaan akrabnya.

Scale BUM telah dipasang di 3 sumur di struktur Talang Jimar dengan peningkatan lifetime sumur lebih dari 5 bulan.

Scale BUM telah masuk kedalam program Sistem Sinergi Operasi Produksi (SSOP) dan disetujui Manajemen PT Pertamina EP untuk direplikasi dilapangan lain bahkan dianjurkan untuk direplikasi di anak perusahaan Pertamina lainnya.

Direncanakan, tim CIP PC Prove TPGK akan maju ke tingkat forum hulu tanggal 27 November mendatang di Yogyakarya. Lebih dalam dari harapan penghargaan, tim TPGK sangat berharap inovasi yang berguna dapat direplikasi dan membawa manfaat bagi produksi PEP.

"Semoga bisa terealisasi dengan lancar. Mohon doanya. Kami berharap semoga penemuan ini dapat bermanfaat untuk kemajuan teknologi di bidang hulu migas,” harap Herman Ratnofianto, selaku Koordinator Tim TPGK.

 

Program 35.000 MW Tak Bisa Dipaksakan Selesai Pada 2019

Halaman: 
Penulis : Riana