logo


Keren! Inovasi Jitu PEP Berhasil Tingkatkan Lifetime Sumur

Scale BUM telah dipasang di 3 sumur di struktur Talang Jimar dengan peningkatan lifetime sumur lebih dari 5 bulan.

26 November 2018 22:48 WIB


PRABUMULIH, JITUNEWS.COM – PT Pertamina EP (PEP), anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas mempunyai tugas utama untuk mencapai target produksi yang tertuang dalam Rencana Kerja untuk menunjang ketahanan energi nasional.

Sejalan dengan hal tersebut, PEP juga menghasilkan inovasi melalui ajang Innovation Award. Salah satu inovasi yang telah diimplementasikan adalah Scale BUM (Breaker Ultimate Machine).

Struktur Talang Jimar di Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu struktur penghasil minyak terbesar di PEP Asset 2 Prabumulih Field.


KESDM Uji Coba B20 Pada Kereta Api, Hasilnya Ini

Masalah yang sering dihadapi struktur Talang Jimar adalah tingginya frekuensi sumur mati. Permasalahan yang paling dominan adalah adanya scale pada subsurface & flowline.

Untuk menyelesaikan akar masalah tersebut, maka kelompok Inovasi yang terdiri dari pekerja di PEP Prabumulih Field bernama PC Prove TPGK (Tempat Piknik Prabumulih) memilih alternative solusi dengan membuat Scale BUM (Breaker Ultimate Machine), yang merupakan invensi dengan memanfaatkan copper dari material bekas yang tidak terpakai dan menggunakan prinsip energi ikatan deret.

PC Prove TPGK yang mengikuti program CIP (Continuous Improvement Programme) 2018 telah berhasil melewati seleksi tahap PT Pertamina EP.

Tim PC Prove merupakan kolaborasi dan sinergi dari berbagai fungsi antara lain Eksplotasi, Surface Facilities, Realibility and Maintenance (RAM), Work Over & Well Service, Health Safety Security & Environment (HSSE), dan Operasi Produksi.

Tim tersebut berhasil menemukan solusi dari tingginya frekuensi sumur mati di Struktur Talang Jimar yang disebabkan oleh problem Scale baik di flowline maupun di subsurface.

Program 35.000 MW Tak Bisa Dipaksakan Selesai Pada 2019

Halaman: 
Penulis : Riana