logo


Hati-hati dengan Barang-barang di Kamarmu, Bisa Picu Kanker

Tak hanya faktor gaya hidup dan genetik, kanker juga bisa dipicu oleh barang-barang yang ada di kamarmu.

26 November 2018 20:15 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

Bantal kapas dan seprai

Kita semua pasti menggunakan bantal saat tidur, namun menggunakan bantal berbahan kapas bisa memperkuat kemungkinanmu terserang kanker. Alasan di balik ini adalah kapas hasil panenan sering terkena banyak insektisida dan pestisida. Herbisida juga disemprotkan untuk melindungi kapas.

Menurut sebuah penelitian, herbisida berbahan dasar glifosat bisa berisiko menyebabkan kanker. Solusi terbaik untuk menghindari risiko ini adalah dengan beralih menggunakan bantal dan seprai yang terbuat dari kapas organik.


Aman dan Alami, Ini Obat Alami Turunkan Kolesterol Darah

Cat

Banyak dari kita yang suka mencium bau cat, sayangnya hal ini bisa meningkatkan risiko terserang kanker. Cat yang berisiko kanker adalah cat yang mengandung volatile organic compounds (VOC).

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Occupational and Environmental Medicine edisi Maret 2018, pekerjaan yang sering memakai cat, termasuk pelukis, seniman, dan lain-lain lebih mudah berisiko terkena kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker mulut, kanker pankreas, dan juga kanker leukemia limfositik. Dengan begitu, kamu harus beralih menggunakan cat non-VOC untuk menghindari risiko ini.

Pengharum ruangan

Banyak orang yang menyukai nikmatnya aroma pengharum ruangan. Kita pun sering menyemprot pengharum ruangan di kamar tidur, kamar mandi, mobil, dan bahkan di tempat kerja. Namun, tahukah kamu kalau semprotan ini berpotensial menyebabkan kanker? Jadi, hindari penggunaannya, kamu bisa mengganti pengharum ruangan dengan bunga seperti melati dan mawar, atau kamu juga bisa membuat pengharum alami menggunakan campuran air dan essential oil.

Perabotan berbahan dasar kulit sintetis

Sebuah polimer plastik bernama polivinil klorida (PVC) sering digunakan untuk membuat kulit sintetis, padahal zat itu berbahaya. Selain PVC, bahan dasar kulit sintetis juga menggunakan bahan kimia lain yang berpotensial membahayakan untuk kita.

Dengan begitu, kamu harus menghindari menggunakan perabotan yang terbuat dari kulit sintetis. Lalu, hindari juga perabotan berbahan melamin, papan partikel, dan medium-density fibreboard (MDF) karena zat-zat itu mengandung bahan kimia yang mengandung racun. Cobalah membeli perabotan kayu padat untuk menjagamu tetap sehat.

Gadget dan alat elektronik

Sudah menjadi kebiasaan kita untuk menaruh ponsel di dekat kita ketika tidur. Kita juga sering menaruh alat elekteronik seperti komputer dan TV di kamar kita. Alat elektronik ini ternyata bisa membuat kita terkena radiasi elektromagnetik yang jika dibiarkan lama kelamaan bisa memicu kanker.
Solusi termudah adalah men-setting ponselmu dalam mode pesawat ketika tidur dan matikan semua elektronik sambil menjauhkan mereka saat kita tidur. Hal ini bukan hanya bisa mencegah kanker, namun juga bisa membantumu agar tidur lebih nyenyak.

Kasur dan tirai

Tirai dan kasur nyaman kita sering terpapar banyak bahan kimia seperti flame retardants yang membuat kita rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti kanker. Zat kimia ini mampu menghambat perkembangan otak kita dan bahkan menyebabkan gangguan hormon.

Cara terbaik untuk tetap aman dari efek berbahaya ini adalah dengan memilih kasur organik dan beralih ke tirai yang dibuat menggunakan kain organik.

Awas, Minum Banyak Kopi Bisa Bikin Tua Lho

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha