logo


Peneliti Ungkap Tsunami Dahsyat Akan Terjadi di Salah Satu Wilayah di Indonesia

Peneliti ungkap wilayah ini akan terjadi tsunami dahsyat yang sama terjadi di Aceh

26 November 2018 11:00 WIB

Ilustrasi bencana alam tsunami.
Ilustrasi bencana alam tsunami. Youtube

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tim peneliti dari Universitas Syiah Kuala dan Earth Observatory of Singapore (EOS) Nanyang Technological University (NTU) menemukan fakta bahwa Aceh akan mengalami tsunami dahsyat lagi.

Penelitian tersebut juga ungkap bahwa Aceh sudah pernah dilanda tsunami dahsyat sejak 7.400 silam. Peneliti berhasil identifikasi semua lapisan pasir yang terendapkan oleh berbagai kejadian tsunami pada masa lampau di dalam gua dekat pantai di Kabupaten Aceh Besar.

Baca Juga: Jauh Dari Sosok Wapres, Sandiaga Cocoknya Menjadi Ketua RT


Akhirnya Peneliti Temukan Bentuk Inti Bumi, Ini Penampakannya

Disindir Jokowi, Sandiaga Ngaku Sudah Mengunjungi 270 Pasar, Netizen: Orang Gila Masuk Pasar Gak...

Tsunami di Aceh memiliki periode yang berulang yang berbeda. Ada tsunami berulang dalam 2.000 tahun dan ada juga yang terjadi dalam waktu kurang dari 100 tahun.

"Maka dari itu, kemungkinan periode ulang tsunami dahsyat di Aceh akan kembali dan sangat besar kemungkinannnya. Berdasarkan hubungan antara ketebalan lapisan pasir tsunami di dalam gua dan interval perulangan tsunami, dapat disimpulkan bahwa masa jeda yang panjang kemungkinan mengikuti tsunami 2004," jelas Nazli Ismail, Dosen Universitas Syiah Kuala yang Jitunews kutip dari portalsatu.com (27/10).

Selama ini, informasi kejadian tsunami purba berdasarkan catatan sejarah dan rekaman peralatan kegempaan masih sangat singkat durasinya. Sehingga, rekaman tersebut tidak mampu memberikan gambaran yang menyeluruh tentang potensi tsunami besar.

Siapa Sangka, Selain Digunakan Untuk Ritual Mistis, Kemenyan Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Lho

Oleh karena itu, perlu dicari bukti-bukti tsunami dahsyat yang terjadi pada masa lampau, baik dari sisi waktu maupun dari sisi perulangan. Rekaman dari dalam gua menjelaskn perulangan tsunami dahsyat di Aceh pernah terjadi dalam rentang waktu yang sangat singkat dan pernah juga terjadi dalam rentang waktu 20 tahun.

Mengejutkan, Awas 90% Garam yang Dikonsumsi Mengandung Mikroplastik!

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata