logo


Gawat! Dibalik Lezatnya Durian, Ada Bahaya yang Mengintaimu

Bagi penggemar fanatiknya, durian barangkali menjadi buah paling enak di dunia

24 November 2018 11:10 WIB

Ilustrasi buah durian - internet
Ilustrasi buah durian - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak semua orang suka durian. Tapi bagi penggemar fanatiknya, durian barangkali menjadi buah paling enak di dunia. Walau begitu banyak yang menyebut durian berbahaya bagi kesehatan.

Nah, adakah efeknya bagi tubuh jika kita kebanyakan makan durian? Benarkah makan durian terlalu banyak bisa bikin mabuk? Durian termasuk buah yang tinggi kalori. Oleh karena itu, saran porsi penyajian durian bagi orang dewasa pada umumnya adalah 100-200 gram per satu kali makan.

BACA JUGA: Dibalik Lezatnya Mengkonsumsi Kepiting, Ada Resiko Penyakit Berbahaya yang Harus Kamu Tau


Dibalik Lezatnya Mengkonsumsi Kepiting, Ada Resiko Penyakit Berbahaya yang Harus Kamu Tau

Sebagai perbandingan, bera tsatu biji buah durian (hanya satu biji ya, bukan satu durian utuh) kurang lebih sekitar 40 gram. Dalam 100 gram buah durian terkandung hampir 150 kalori, yang berasal dari 5,3 gram lemak, 98 gramkarbohidrat, dan 5 gramprotein.

Total kalori dari 100 gram buah durian ini cukup untuk memenuhi 7 persen kebutuhan kalori kita dalam sehari. Makan satu porsi durian akan menyediakan 33 persen asupan vitamin C dan 25 persen tiamin yang kita butuhkan setiap hari.

Durian juga merupakan sumber vitamin B-6 dan kalium yang baik, mengandung 16 persen B-6 dan 12 persen kalium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Kita juga akan mendapatkan sekitar 12 persen asupan riboflavin dan 15 persen serat yang direkomendasikan setiap hari.

Simak, Jangan Kendarai Mobil Saat Emosi, Bahayanya Bisa Mencapai 10 Kali Lipat!

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma