logo


KESDM Revisi Formula Harga Premium, Efeknya Nanti Bisa Lebih…

Perhitungan untuk revisi formula tersebut juga memasukkan komponen kondisi harga minyak sejak 2017.

23 November 2018 18:23 WIB

Wamen ESDM, Arcandra Tahar
Wamen ESDM, Arcandra Tahar Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah melakukan kajian untuk merevisi formula pembentuk harga BBM khusus penugasan atau jenis Premium.

Adapun, langkah ini dilakukan untuk mendapatkan acuan harga sesuai dengan kondisi harga minyak.

"Efek dari formula baru ini nanti bisa lebih mencerminkan harga keekonomian yang sesungguhnya," ‎kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, dikutip dari liputan6.com, Jumat (23/11).


Tahun Depan, PLN Pastikan Kurangi Penggunaan Pembangkit yang Pakai BBM

Arcandra menuturkan, perhitungan untuk revisi formula tersebut juga memasukkan komponen kondisi harga minyak sejak 2017.

"Kenapa 2017? Karena formulanya kan sudah lama waktu itu, sementara harga minyak, harga perolehan, harga pengangkutan, dll, itu sudah berubah. Nah, formulanya kami sesuaikan," papar Arcandra

Arcandra melanjutkan, setelah formula baru harga BBM Penugasan diperbarui mengacu pada harga minyak‎ periode 2017, maka perhitungan biaya pengadaan dan penyaluran BBM penugasan yang dikeluarkan PT Pertamina (persero) sesuai dengan harga keekonomian.

"Efeknya, Pertamina mendapatkan formula yang mencerminkan cost yang mendekati apa yang dikeluarkan oleh Pertamina," tuntasnya.

 

Hore! BBM Satu Harga Terealisasi Lagi di NTT

Halaman: 
Penulis : Riana