logo


Sering Muncul Tiba-Tiba, Ternyata Gatal Bisa Menular Lho, Coba Buktikan!

Tak hanya menguap, rasa gatal pada kulit juga bisa menular

23 November 2018 13:26 WIB

menggaruk karena gatal
menggaruk karena gatal detikHealth

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rasa gatal pada kulit bisa muncul tiba-tiba. Tidak tahu penyebabnya, gatal bisa muncul di bagian kulit mana saja.

Tetapi, apakah kalian menyadari gatal juga bisa menular? Mungkin saat ini kalian juga merasakan gatal di bagian tubuh tertentu. Dan pasti kalian akan menggaruknya.

Baca Juga: Kalian Sering Menggunakan Parfum Jenis Ini? Awas, Kandungannya Tidak Jelas, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan!


Waduh, Sakit Mata Bisa Tertular Melalui Tatapan! Benarkah?

Waspada, Ikan Laut yang Sering Kita Konsumsi Mengandung Merkuri Tinggi dan Racun Berbahaya!

Para ilmuwan membuktikan bahwa gatal sama seperti menguap bisa menular. Hal ini dibuktikan dengan memperlihatkan rekaman video tikus yang menonton tikus lain sedang menggaruk. Dan hasilnya kelompok pertama segera mulai menggaruk.

Otomatis ketika rasa gatal muncul kalian akan menggaruknya. Garukan menular ternyata melibatkan bagian kecil otak, yaitu nukleus suprachiasmatic. Tapi, ahli syaraf masih belum mengetahui bagaimana otak ini terlibat dalam melihat dan menyebarkan tindakan menggaruk.

Menggaruk rasa gatal yang muncul akan membuat pelebaran pembuluh darah, membuat sel darah putih dan plasma mengalir untuk mengusir toksin penganggu. Hal inilah yang membuat bekas merah pada kulit.

Netizen: Wah, Prabowo Mulai Buka Aib Mertua Nih

Secara sadar atau tidak, menggaruk akan terasa nikmat. Hal ini dikarenakan otak melepaskan serotonin. Semakin banyak serotonin mengalir di tubuh, kalian semakin lebih bahagia. Maka tidak heran, jika kadang-kadang sulit untuk berhenti menggaruk, seperti yang Jitunews kutip dari okezone.com (21/11).

 

Menguap Tak Berarti Mengantuk, Justru Tanda Kalian Alami Gangguan Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata