logo


Kalian Sering Menggunakan Parfum Jenis Ini? Awas, Kandungannya Tidak Jelas, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan!

Parfum jenis ini memiliki kandungan metanol yang tinggi dan bisa menganggu kesehatan

23 November 2018 13:01 WIB

Ilustrasi parfum
Ilustrasi parfum Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Parfum menjadi barang yang penting digunakan sebagai pewangi badan sehari-hari selama beraktivitas. Tapi, kalian jangan salah pilih parfum ya karena parfum jenis ini mengandung metanol yang tinggi dan berbahaya bagi kesehatan.

Siapa kalian yang sering membeli dan menggunnakan parfum isi ulang? Tren parfum ulang ini sudah lama marak dan diminati oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau. Tapi, kalian harus hati-hati karena jenis parfum yang dimaksud berbahaya adalah parfum isi ulang.

Baca Juga: Waspada, Ikan Laut yang Sering Kita Konsumsi Mengandung Merkuri Tinggi dan Racun Berbahaya!


Parfum Pheromone: Benar-benar Sakti Memikat Lawan Jenis atau Cuma Hoax?

Netizen: Wah, Prabowo Mulai Buka Aib Mertua Nih

Anggapan tersebut muncul akibat ketidakjelasan kandungan pada jenis parfum isi ulang. Sebuah peneliti The Campaign for Safe Cosmetics yang dilakukan oleh Jane Houlihan menjelaskan bahwa beberapa bahan kimia yang ditemukan dalam parfum memang bisa menimbulkan bahaya jika tidak digunakan sebagaimana mestinya, seperti yang Jitunews kutip dari klikdokter (22/11).

"Campuran wewangian itu sendiri dapat terdiri dari puluhan bahkan ratusan bahkan kimia," jelas Jane.

Berdasar penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari 17 produk parfum rata-rata ditemukan 14 bahan kimia yang tidak tercantum pada label kemasan. Beberapa produk tersebut bahkan bisa menyebabkan reaksi alergi atau gangguan hormon pada penggunannya.

Amien Rais Beri Rp12 Juta/bulan ke Anak Dufi, Netizen: Pamer, Jurus Sengkuni!

Prabowo: Rakyat Menaruh Harapan Besar Kepada Saya, Netizen: GR Banget, Taubatlah Wo!

Di Indonesia sendiri, aturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis bahan-bahan yang diperbolehkan dalam parfum isi ulang. Dan yang paling mendapat perhatian adalah bibit parfum dan metanol.

Metanol adalah campuran yang tidak boleh ada dalam parfum isi ulang karena cairan tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit apabila digunakan secara langsung. Parahnya metanol bisa menyebabkan kebutaan. Dari BPOM sendiri metanol diijinkan ada di kosmetik, yaitu maksimal 5%.

 

 

Jangan Pakai Ini, Jika Tidak Ingin Kecerdasan Kalian Menurun

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata