logo


Cegah Eksploitasi, KKP Atur Penangkapan Kepiting dan Rajungan

KKP menilai, kondisi fully-exploited (eksploitasi penuh) hingga over-exploited (eksploitasi berlebih) menumbuhkan masalah baru.

21 November 2018 15:41 WIB

Panen Rajungan Budidaya Tambak  kerjasama BBAP Takalar  PT Kemilau Bintang Timur dan Harbor Seafood
Panen Rajungan Budidaya Tambak kerjasama BBAP Takalar PT Kemilau Bintang Timur dan Harbor Seafood ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluruskan anggapan keliru mengenai pemberlakuan Permen KP No 56 Tahun 2016 tentang penangkapan lobster, kepiting, dan rajungan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto, mengatakan, Permen tersebut diperlukan karena adanya eksploitasi besar terhadap kepiting, alhasil populasi kepiting baik jumlah maupun ukuran menurut sejak 1990.

Hal ini terlihat dari eksportir Jakarta, Bali, dan Surabaya yang kesulitan menangkap ukuran di atas 1 kg. Penangkapan kepiting pun banyak berasal dari alam, bukan budidaya.


KKP Salurkan Bantuan Bagi Usaha Perikanan di Kalimantan Barat

KKP menilai, kondisi fully-exploited (eksploitasi penuh) hingga over-exploited (eksploitasi berlebih) menumbuhkan masalah baru.

"Kondisi inilah yang melatarbelakangi terbitnya Permen KP No 56 Tahun 2016, jadi anggapan bahwa pemerintah sengaja mematikan usaha kerapu masyarakat itu tidak benar," ujar Slamet, dalam keterangannya belum lama ini.

Slamet menjelaskan bahwa pengaturan pemanfaatan sumber daya kepiting diperlukan karena hingga saat ini keberhasilan pembenihan kepiting dan rajungan menunjukkan tingkat kelulushidupan/survival rate (SR) masih rendah yaitu masing-masing untuk kepiting 10–20 persen dan rajungan 25–30 persen. Sedangkan ditingkat pembesaran SR untuk kepiting dan rajungan sebesar 30–35 persen.

Kondisi itulah, menurut KKP, yang membuat Permen KP diperlukan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya alam melalui pemanfaatan sumber daya kepiting yang lebih terukur, bertanggung jawab, dan sejalan dengan prinsip perikanan berkelanjutan.

Peringati Hari Ikan Nasional ke-5, KKP Ajak Kaum Milenial Cinta Makan Ikan

Halaman: 
Penulis : Riana