logo


Sering Cegukan? Awas, Jangan-jangan Kamu Alami Ini!

Cegukan atau dalam bahasa medis disebut dengan singultus ditandai dengan munculnya suara 'hik' dari pita suara

21 November 2018 10:58 WIB

cegukan
cegukan Magazine.Job-like.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kalian sering cegukan? Meskipun tidak berbahaya  kalian tidak boleh menganggap remeh cegukan karena bisa menganggu kenyamanan.

Apalagi cegukan yang tak kunjung reda justru bisa menandakan gangguan kesehatan tertentu. Penyebab cegukan sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu cegukan jangka pendek dan cegukan jangka panjang.

Baca Juga: Kalian Sering Konsumsi Terong Mentah? Mulai Sekarang Stop, Ada Senyawa Berbahaya di Dalamnya


Tak Hanya Pikiran, Kulit Juga Bisa Stres, Simak Tanda-tandanya!

Sandiaga Siap Cicil Utang Pemerintah Hingga Lunas, Netizen: Kalau Ngomong Gak Disaring!

Penyebab cegukan jangka pendek merupakan rekasi tiba-tiba akibat kontraksi diafragma. Secara umum, cegukan jangka pendek biasanya akan berhenti dalam beberapa menit.

Pemicu cegukan jangka pendek bisa berupa perut kembung, makan terlalu cepat atau terlalu banyak, konsumsi minuman bersoda, mengonsumsi makanan pedas, perubahan suhu tiba-tiba, tidak sengaja menelan udara saat makan permen, dan bisa juga efek samping pengobatan tertentu seperti yang Jitunews kutip dari OkayDoc.com (16/11).

Sedangkan penyebab cegukan jangka panjang dapat dilatar belakangi oleh beberapa jenis penyakit, misalnya gangguan saluran pencernaan, pernapasan, metabolisme, atau sistem saraf.

Tanpa Disadari 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak, Nomor 2 Sering Banget Dilakukan

Selain itu, kalian juga bisa mengalami cegukan berkepanjangan jika terdapat iritasi hingga kerusakan pada saraf  vagus atau saraf frenikus yang mengatur kerja otot diafragma.  

Apabila mengalami terlalu sering atau terus cegukan lebih dari 2 hari, sebaiknya segera dibawa ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan solusinya.

Kalian Punya Masalah dengan Bau Badan? Bisa Jadi Tanda Penyakit Lho, Yuk Simak!

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata