logo


Jokowi Perlu Perhatikan Aspek HAM dalam Pergantian KASAD

Pergantian KASAD adalah sepenuhnya hak prerogatif dari Presiden Jokowi

16 November 2018 18:02 WIB

Wapemred Jitunews.com, Vicky Anggriawan (kiri) bersama Direktur Imparsial, Al-Araf (kanan), saat menjadi pembicara publik bertajuk “Siapa Layak Jadi KASAD” yang diselenggarakan oleh Jitunews.com, di Jakarta, Jumat (16/11).
Wapemred Jitunews.com, Vicky Anggriawan (kiri) bersama Direktur Imparsial, Al-Araf (kanan), saat menjadi pembicara publik bertajuk “Siapa Layak Jadi KASAD” yang diselenggarakan oleh Jitunews.com, di Jakarta, Jumat (16/11). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masa jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Mulyono, tidak lama lagi akan berakhir seiring dengan memasuki masa pensiunnya.

Direktur Imparsial, Al-Araf, mengatakan, pergantian KASAD adalah sepenuhnya hak prerogatif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintah wewenag untuk menentukan dan memilih calon KASAD yang baru,” ujar Al-Araf saat menjadi pembicara publik bertajuk “Siapa Layak Jadi KASAD” yang diselenggarakan oleh Jitunews.com, di Jakarta, Jumat (16/11).


Jokowi Gendong Anak Papua, Netizen Bandingkan dengan Aksi Gendong Kubu Sebelah

Dalam hal ini, Al-Araf mengatakan, KASAD yang baru nantinya haruslah memiliki komitmen terhadap perlindungan dan pemajuan Hak Asasi Manusia (HAM).

Dan dalam konteks ini, presiden harus memastikan bahwa KASAD yang baru itu terbebas dari catatan HAM dan tidak punya potensi menghambat proses penyelesaian kasus pelanggaran HAM.

“Pelangaran HAM itu seperti penyelesaian kasus Trisakti, kasus Semanggi I dan II, Kasus Talangsari kasus penghilangan paksa 1997-1998, kasus pembinuhan aktivis HAM Munir dan lain-lain. Oleh karena itu presiden perlu mendengarkan masukan dari Komnas HAM dan masyarakat sipil terkait rekam jejak HAM calon Kasad baru,” jelasnya.

Oleh karena itu, Al-Araf meminta kepada Komnas HAM untuk memberikan pertimbangan rekam jejak HAM calon KASAD kepada Presiden Jokowi.

“Dengan demikian, KASAD yang terpilih nanti diharapkan memiliki komitmen yang tinggi dalam mendukung agenda-agenda penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM,” pungkasnya.

 

Coba Perhatikan Foto Paspampres Wanita Ini, Netizen: Paspampresnya Mirip Artis...

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana