logo


Orang Indonesia Hobi Makan Pedas Karena Ternyata Mereka Keturunan Ini..

Makanan pedas seolah tak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari orang Indonesia.

15 November 2018 16:55 WIB

cabai paling pedas di dunia
cabai paling pedas di dunia

Peran Budaya Pedas tak bisa dipungkiri menimbulkan sensasi rasa baru dalam makanan. Apalagi jika sensasi ini didapat dari berbagai jenis rempah yang beragam.

Sayangnya, keragaman rasa ini di Eropa sekitar tahun 1.600-an dipandang sebagai sesuatu yang tak beradab, seperti yang ditulis oleh Maanvi Singh dalam bukunya The Salt. Orang Eropa pada saat itu mengubah standar makanan mewah pada yang berfokus dengan esensi paling murni dari bahan dasarnya.

BACA JUGA: Gak Nyangka! Seperti Kebanyakan Orang Indonesia, Makanan Favorit Donald Trump Adalah...


Wow! Kalahkan Phuket dan Dubai, Bali Menjadi Destinasi Wisata Favorit Nomor...

Peran budaya inilah yang menentukan bagaimana suatu masyarakat merespon rasa makanan, termasuk pedas. Seperti kebanyakan hewan, manusia menggunakan rasa sebagai cara untuk menentukan apa yang aman untuk dimakan. Begitu kita terbiasa dengan sebuah rasa tertentu, kita cenderung akan lebih menyukainya.

Inilah yang kemudianmenjadialasan kuat mengapa kita sebagai orang Indonesiamakinmenyukai rasa pedasdarimakanan. Bahkan, ada rasa yang kurangketika kita tidak mengonsumsimakananpedas.

Selain itu, reaksi fisiologis terhadap makanan pedas juga terjadi dari hasil aktivasi sensor temperatur dalam mulut. Tubuh akan bereaksi seolah-olah terbakar. Anda akan berkeringat, memerah, bahkan mungkin muntah akibat makanan pedas. Sensasi ini memicu pengalaman intens yang dianggap bagian dari daya tarik makanan pedas.

Jack Ma: Stop Belajar dari Kisah Sukses Orang Lain, Melainkan...

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma