logo


'Blackbird' Pesawat Tempur Tercanggih yang Pernah Ada, Bisa Menembus Atmosfer!

Pesawat ini mampu menempuh kecepatan 3530 km/jam pada ketinggian 24 km

15 November 2018 16:17 WIB

Pesawat Lockheed SR-71 Blackbird
Pesawat Lockheed SR-71 Blackbird flugrevue.de

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lockheed SR-71 adalah sebuah pesawat pengintai strategis supersonik jarak jauh berkecepatan Mach 3.3 yang berawal dari pesawat model A-12 dan YF-12 yang dibuat oleh Lockheed Skunk Works.

SR-71 secara tidak resmi dijuluki 'Blackbird' dan dipanggil Habu (nama ular) oleh para awak penerbangnya. Clarence "Kelly" Johnson bertanggung jawab atas berbagai inovasi di konsep desain pesawat canggih ini.

Baca juga: Pesawat Tercepat yang Mampu Mengelilingi Seluruh Bumi Hanya Dalam 1.4 Jam!


Inilah Asal-usul Mak Lampir, Ternyata Dulu Seorang Putri yang Cantik Jelita!

Keungulan dalam pertahanan pesawat ini adalah kecepatan terbang dan tingginya daya jelajah, di mana jika sebuah peluru kendali darat ke udara terdeteksi, tindak pengelakan yang standar adalah menambah kecepatan. Tipe SR-71 digunakan antara 1964 sampai 1998, di mana 12 dari 32 pesawat rusak akibat berbagai kecelakaan, tetapi tidak satu pun hilang ke tangan musuh.

Baca Juga: Inilah Asal-usul Mak Lampir, Ternyata Dulu Seorang Putri yang Cantik Jelita!

Pesawat ini adalah pesawat tercepat dengan kru. Pesawat ini mampu menempuh kecepatan 3530 km/jam pada ketinggian 24 km di atas permukaan laut. Desainnya disesuaikan dengan kebutuhan untuk terbang tinggi dan tidak tertangkap radar musuh,karena pesawat ini biasanya dipakai untuk memata-matai musuh.

Tahukah Kamu? Inilah Satu-satunya 'Sahabat Nabi' yang Masih Hidup

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu