logo


Kalian Sering Remas Uang Rupiah? Siap-siap Kena Denda dari Bank Indonesia, Dendanya Bikin Melongo

Pasti diantara kalian pernah meremas uang rupiah hingga terlihat kucel

14 November 2018 12:03 WIB

uang rupiah diremas
uang rupiah diremas bisnis.rakyatku.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bank Indonesia telah menyiapkan aturan baru di mana sanksi kepada masyarakat yang merusak dan tidak merawat uang rupiah. Sanksi yang diberikan tidak tanggung-tanggung, yaitu berupa denda Rp1 milyar.

Tak hanya itu, sanksinya juga penjara paling lama lima tahun, seperti yang Jitunews kutip dari harianriau (13/11). Hal ini sesuai amanat Pasal 25 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Baca Juga: Lebih Parah dari Menyalakan 75 Batang Rokok, Yakin Masih Mau Menggunakan Obat Nyamuk Jenis Ini?


Rupiah Anjlok, Suharno Beberkan Peluang Bisnis yang Tepat

Waduh, di Sini Ada Kursus Kematian, Mau Coba?

Bunyinya, setiap orang dilarang untuk merusak, memotong, menghancurkan, dan atau mengubah rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan rupiah sebagai simbol negara.

BI menghimbau bagi masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat uang rupiah dengan baik agar layak edar di masyarakat. Uang yang layak edar akan memudahkan masyarakat untuk mengenali keaslian uang tersebut.

Jika kalian menemukan uang rupiah asli dalam kondisi distempel maupun dicoret, uang rupiah tersebut tergolong dalam uang rupiah yang tidak layak edar tapi masih bisa untuk transaksi. Masyarakat bisa menukar uang yang tidak layak edar tersebut ke Bank Indonesia atau bank umum lainnya.

"Crazy Rich" dari Surabaya, Pria Ini Tukarkan Dollar Senilai Dua Trilliun Rupiah

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata