logo


Gawat, Ternyata Merokok dari Usia Remaja Lebih Berbahaya

Remaja yang merokok memiliki status kesehatan yang buruk dibandingkan dengan remaja yang tidak merokok.

12 November 2018 16:45 WIB

Ilustrasi merokok.
Ilustrasi merokok. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Remaja yang merokok memiliki status kesehatan yang buruk dibandingkan dengan remaja yang tidak merokok.

Hal yang paling sering dialami oleh para perokok muda ini adalah sakit kepala dan sakit punggung yang sering sekali muncul.

BACA JUGA: Waduh, Zona Waktu Indonesia WIB, WITA, dan WIT Akan Disatukan? Apa Bisa?


Wah, Ternyata Minum Kopi di Pagi Hari Itu Bahaya, Bisa Sebabkan...

Hal ini ditunjukkan pada penelitian yang melibatkan 5000 perempuan muda yang diteliti selama 7 tahun.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa mereka yang menjadi perokok aktif sangat sering berkunjung ke rumah sakit dengan berbagai alasan kesehatan, salah satu yang paling sering adalah masalah pada tulang dan otot.

Selain itu, diketahuijugabahwa remaja yang menjadiperokokaktifmengalamipenurunankemampuanmerasakan rasa suatumakanan serta gangguantidur. Berikut bahaya lainya, yang dikutip dari hallosehat.com (12/11).

1. Paru-paru berhenti berkembang

Perkembangan paru-paru juga akan dipengaruhi jika melakukan kebiasaan merokok terlalu dini. Rokok menyebabkan gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan paru pada anak-anak dan remaja, hal ini mengakibatkan paru-paru berhenti untuk tumbuh. Gangguan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang kronis hingga ia beranjak dewasa.

Menghentikan kebiasaan merokok pada anak-anak dan remaja mungkin saja bisa membuat paru-paru kembali berkembang. Sebuah riset juga menyatakan bahwa jika anak merokok selama 20 hari, maka dampaknya pada paru seperti telah merokok selama 40 tahun, dan ia pun berisiko mengalami kanker paru.

Mulai Sekarang Berhenti Jajan Makanan di Pinggir Jalan, Bahaya! Salah Satunya Menyebabkan...

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma