logo


Waduh, Zona Waktu Indonesia WIB, WITA, dan WIT Akan Disatukan? Apa Bisa?

Sejauh ini Indonesia terbagi dalam tiga zona waktu, Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT)

12 November 2018 15:07 WIB

Zona Waktu
Zona Waktu IG

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejauh ini Indonesia terbagi dalam tiga zona waktu, Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT), dengan WIT yang paling awal.

Gagasan menyatukannya setidaknya sudah diungkapkan sejak 2005, antara lain oleh Indonesian Marketing Association (IMA).

BACA JUGA: 5 Potret Cantik Baifern Pimchanok, Pemeran 'Nam' di Film Crazy Thing Called love


Mulai Sekarang Berhenti Jajan Makanan di Pinggir Jalan, Bahaya! Salah Satunya Menyebabkan...

"Kita bayangkan kalau dari 10 tahun lalu kita sudah menerapkan seperti ini (satu zona waktu), berapa banyak keuntungan yang kita peroleh untuk jadi satu kawasan yang terintegrasi dan lebih produktif," kata YW Junardy, salah satu juru kampanye gerakan ini, seperti dikutip dari BBC (12/11).

Junardy mengungkapkan, dari 2005 hingga 2013, IMA melakukan kajian dan menyosialisasikan wacana tersebut, termasuk ke pihak pemerintah.

Ia yakin, penyatuan zona waktu akan berdampak positif pada upaya peningkatan daya saing secara ekonomi, dan mendorong Indonesia menjadi negara modern yang efisien.

Gerakan ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan, khususnya para peserta 'Sumpah Milenial 4.0' di Bandung beberapa waktu lalu. yang datang dari 34 provinsi di Indonesia.

Dimaki Jerinx SID Karena Cover Lagunya, Via Vallen: Kenapa Cuma Saya?

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma