logo


Telapak Tangan Berkeringat, Berarti Gejala Lemah Jantung?

Tidak melakukan aktifitas apapun tapi telapak tangan penuh dengan keringat terkadang diasumsikan oleh masyarakat sebagai tanda penyakit jantung, benarkah?

12 November 2018 14:30 WIB

Huruf M di Telapak Tangan
Huruf M di Telapak Tangan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apakah kamu mendapati telapak tangan sering berkeringat? Mungkin itu pertanda kamu menderita primary focal hyperhidrosis, kondisi di mana tubuh mengeluarkan keringat berlebih hanya di satu tempat tertentu. Misalnya di pangkal paha, kulit kepala, wajah, ketiak, telapak kaki, atau telapak tangan.

Apakah benar, telapak tangan berkeringat artinya mengalami penyakit jantung? Hal itu hanyalah mitos belaka, sebagaimana dilansir dari Alodokter.

Baca juga: Tanggal Kadaluwarsa Pada Botol Air Mineral Bukan Untuk Airnya, Melainkan Botolnya!


Wah, Ternyata Minum Kopi di Pagi Hari Itu Bahaya, Bisa Sebabkan...

Telapak tangan berkeringat tidak terkait dengan kondisi lain, tidak menyebabkan penyakit, dan bukan pertanda suatu penyakit atau interaksi obat. Pada dasarnya, orang yang telapak tangannya sering berkeringat itu sehat-sehat saja, hanya keringatnya saja yang berlebihan.

Lalu, kenapa telapak tangan bisa sering berkeringat? Jawabannya masih berupa asumsi para ahli. Mereka berpendapat jika biang keroknya adalah adanya gangguan kecil pada fungsi sistem saraf.

Saraf akan mengaktifkan kelenjar keringat bila kita merasa terlalu bersemangat, emosional, gugup, grogi, cemas, banyak bergerak, kepanasan, mengonsumsi makanan pedas, atau karena hormon. Ketika saraf bereaksi berlebihan, kita pun bisa banjir keringat, termasuk di telapak tangan.

Baca juga: Seandainya Semua Orang Tau Tentang Fungsi 2 Tombol di Toilet Ini

Dalam beberapa kasus, telapak tangan berkeringat bisa jadi merupakan kondisi turun-temurun dalam keluarga. Oleh sebab itu, faktor genetik pun kemungkinan memegang peranan.

Yang jelas, telapak tangan berkeringat bisa terjadi pada siapa saja, baik pria atau wanita dari berbagai usia.

Mulai Sekarang Berhenti Jajan Makanan di Pinggir Jalan, Bahaya! Salah Satunya Menyebabkan...

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu