logo


Lokasi Pembangunan Kilang di Jatim Masih Dikaji

Awalnya, lokasi Grass Root Refinery (GRR) ini rencananya di Tuban, tapi pemerintah membuka opsi untuk menggesernya ke Situbondo.

9 November 2018 09:19 WIB

Ilustrasi kilang minyak
Ilustrasi kilang minyak Reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Hingga saat ini, Pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM masih belum menentukan lahan untuk pembangunan kilang minyak PT Pertamina (Persero) di Jawa Timur.

Awalnya, lokasi Grass Root Refinery (GRR) ini rencananya di Tuban, tapi pemerintah membuka opsi untuk menggesernya ke Situbondo.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian lahan yang cocok untuk lokasi pembangunan kilang tersebut.


Holding Migas Perkuat Kedaulatan Energi Nasional

Pasalnya, di Situbondo sendiri, lokasinya berdekatan dengan tempat latihan militer dan dekat dengan Gunung Ijen.

"Yang saya ingat itu adalah kajian antara Tuban dan Situbondo yang di grass root refinery (GRR) Tuban," kata Arcandra, di Jakarta, Kamis (8/11).

"Ada rencana pindah ke situbondo. Lokasinya itu lagi dikaji karena di Situbondo itu ada tempat latihan militer. Kedua, minta kajian dari badan geologi kita apakah di sana aman karena dekat dengan Ijen. Ini masih bentuk kajian," sambungnya.

Lebih jauh, Arcandra mengatakan, untuk lokasi pembangunan kilang di Tuban juga sedang ada permasalahan lahan. Menurutnya, Pemerintah dan Pertamina masih berdiskusi soal lahan seluas 800 hektare yang 50 persennya merupakan tanah milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Ada masalah lahan, itu juga lagi dikaji," tuntasnya.

Pertamina Bakal Bayar Signature Bonus Blok Rokan Tahun Ini

Halaman: 
Penulis : Riana