logo


Komisi VII Rancang UU Khusus EBT

Prioritas tersebut, karena penghijau lahan sebagai faktor sustainability air akan terjaga.

9 Februari 2015 15:01 WIB

Energi terbarukan
Energi terbarukan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai salah satu provinsi yang memiliki sumber daya energi terbarukan yang melimpah, Sumatera Utara (Sumut) mempunyai banyak sumber energi baru dan terbarukan yang bisa dijadikan sebagai energi pembangkit listrik tenaga minihydro (PLTMH). Kapasitas dari 1 unit PLTMH bisa mencapai sebesar 7-10 Megawatt (MW).

Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Kardaya Warnika mengungkapkan, bahwa pihaknya akan mendorong pemerintah untuk dapat memberikan prioritas utama terhadap pengembangan PLTMH tersebut. "Oleh karena itu, Komisi VII DPR mendorong pemerintah untuk memprioritaskan pengembangan PLTMH," ungkap Kardaya Warnika kepada wartawan, Jakarta.

Prioritas tersebut, menurut Kardaya, karena penghijau lahan sebagai faktor sustainability air akan terjaga. Selain itu, teknologinya pun dapat disediakan oleh produk lokal atau dalam negeri. Selain itu, lanjutnya, sistem pengelolaan dan sumber daya mineral (SDM) tersedia di dalam negeri dan mampu menjadi stimulan pengembangan ekonomi di Provinsi Sumut.


Arcandra Dukung Optimalisasi EBT di Pesisir Selatan

Dengan berbagai macam pertimbangan tersebut, politisi Partai Gerindra ini juga mengatakan, andai saja pemerintah sudah mengembangkan PLTMH semenjak 5 tahun yang lalu, maka dipastikan krisis listrik di Sumut tidak akan terjadi. Hal tersebut dikarenakan adanya potensi sekitar 100 MW yang mampu disumbangkan dari PLTMH itu.

Kardaya juga mengatakan, bahwa harga listrik dari PLTMH justru relatif lebih murah, yakni hanya sebesar 8 sen dollar per kWH dibandingkan dengan harga listrik per kWH dari pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yaitu sebesar 30 sen dollar atau dengan perbandingan 1 banding 4.

Sebagai tindak lanjutnya terkait dengan dukungan legislasi, Kardaya mengungkapkan, sebagai bentuk dukungan konkret maka Komisi VII merencanakan membuat UU khusus Energi Baru Terbarukan (EBT). Dengan harapan potensi EBT khusus di Provinsi Sumut dapat dikembangkan dan dioptimalisasikan pada tahun mendatang.

PLTP Unit II Dieng dan Patuha Mulai Dibangun

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Ali Hamid