logo


PKB: Bergabungnya Yusril ke Kubu Jokowi Lebih Dikarenakan Faktor Masa Depan Partainya

Kata Anwar, bergabungnya Yusril ke Jokowi saat ini murni karena dia seorang lawyer profesional

7 November 2018 19:05 WIB

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Anwar Rachman
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Anwar Rachman ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi Partai Keadilan Bangsa (PKB), Anwar Rachman, menegaskan bahwa bergabungnya Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra (YIM), ke Koalisi Jokowi-Ma’ruf adalah murni karena profesinya sebagai pengacara (lawyer).

Menurutnya, kader-kader yang ada di PBB juga belum dapat dipastikan apakah akan mengikuti ketua umumnya untuk memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 mendatang.

“Belum tentu. Bergabungnya Yusril ke Jokowi saat ini kan melalui pintu dia seorang lawyer profesional, jadi saat ini dia bisa berdalih murni profesi,” ujar Anwar saat dihubungi Jitunews.com, Rabu (7/11).


Sandiaga Sambut Baik Kursi Wagub DKI Diisi PKS

Saat diajukan pertanyaaan apakah dengan bergabungnya YIM ke Koalisi Jokowi-Ma’ruf akan menepis anggapan dari umat Islam yang menyebut bahwa Jokowi tidak dekat dengan kaum umat Islam, Anwar menegaskan bahwa hal tersebut juga tidak signifikan.

Pasalnya, jauh sebelum YIM bergabung pasangan Jokowi-Ma’ruf telah didukung oleh Nahdatul Ulama (NU).

“Nggak siginifikan, karena paslon nomor satu telah didukung NU yang merupakan mayoritas umat Islam Indonesia dan mempunyai jaringan di seluruh pelosok nusantara,” pungkasnya.

Dalam hal ini, Anwar cenderung menilai, bergabungnya YIM lebih dikarenakan faktor masa depan partainya. Oleh karena itu, YIM bersedia bergabung untuk menjadi pengacara Jokowi-Maruf.

“Artinya, Yusril realistis dan sudah menyadari bahwa partainya tidak akan lolos untuk masuk parlemen, karena hampir semua lembaga survei dan analis politik memprediksi perolehan suara PBB ada pada kisaran 1,5 persen,” pungkasnya.

Prabowo Dilaporkan ke Bawasslu, BADI: Biar Jadi Pelajaran

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana