logo


Bukan Hiasan, Ternyata Ini Fungsi Jakun Pada Pria

Ternyata fugsinya penting banget lho.

7 November 2018 14:35 WIB

Jakun / Leher Pria
Jakun / Leher Pria Liputan6

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jakun menjadi salah satu pembeda antara laki-laki dengan perempuan. Jakun baru muncul ketika usia pria menginjak remaja.

Melansir laman Healthline (21/7), jakun merupakan tulang rawan, sama seperti tulang rawan hidung dan telinga.

Baca juga: Kenapa Jodoh Wajahnya Kelihatan Mirip?


Gak Sembarangan, Ternyata Ini Alasan Kenapa Dokter Bedah Memakai Baju Warna Hijau

Jakun terletak di atas kelenjar tiroid sehingga disebut juga sebagai kartilogo tiroid. Dan jakun akan membesar secara alami seiring membesarnya pita suara (laring) saat memasuki masa pubertas.

Dikutip dari Liputan6 (22/7), fungsi utama jakun melindungi pita suara (laring). Secara alami pita suara laki-laki akan semakin dalam, hal ini yang menyebabkan suara laki-laki lebih berat daripada perempuan.

Pita suara akan membantu untuk dapat berbicara, berteriak, tertawa, dan bernyanyi. Fungsi utama laring yaitu untuk melindungi saluran pernapasan dengan mencegah masuknya benda-benda asing.

Beberapa orang memiliki jakun yang lebih besar, hal ini terjadi karena setiap orang memiliki kartilogo yang berbeda. Semakin banyak kartilogo, semakin besar pula ukuran jakun.

Baca juga: Negara Inilah yang Menjadi 'Pelaku' Penyebaran HIV Untuk Pertama Kali

Orang dengan jakun yang lebih besar cenderung memiliki suara yang lebih dalam dan berat daripada orang dengan jakun yang lebih kecil.

Memiliki jakun besar tidak berarti dapat melakukan fungsi-fungsi tersebut lebih baik daripada seseorang dengan jakun kecil. Itu hanya menandakan bahwa laring Anda sedikit lebih besar.

Wajib Tau, Ini 5 kondisi Wanita yang Bikin Cowok Klepek-klepek!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu