logo


Waduh, Pasar Samsung Terancam Akibat Kalah Saing Dengan Smartphone China

Dominasi Samsung mulai hilang akibat produsen dari China ini

7 November 2018 11:07 WIB

Model mencoba ponsel Samsung Galaxy A8+ sesudah dimasukkan kedalam air disela-sela peluncuran ponsel terbaru Samsung Galaxy A8 dan A8+ di Jakarta, Rabu (17/1)
Model mencoba ponsel Samsung Galaxy A8+ sesudah dimasukkan kedalam air disela-sela peluncuran ponsel terbaru Samsung Galaxy A8 dan A8+ di Jakarta, Rabu (17/1) Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perlahan tapi pasti dominasi Samsung di industri smartphone global makin tergerus. Bukan lagi cuma berhadapan dengan Apple, ancaman Samsung yang lebih berat saat ini datang dari kubu Xiaomi dan Huawei yang merupakan produsen smartphone asal Cina.

Dilansir dari laman Droidlime.com (3/11), ada dua lembaga riset IDC dan Strategy Analytics melaporkan bahwa Samsung mengalami penurunan penjualan hingga 13 persen sepanjang kuartal ketiga tahun 2018 ini. Penurunan ini senada dengan hasil yang Samsung dapat pada kuartal sebelumnya.

Baca juga: Baterai iPone XR Diuji, Hasilnya Bikin Samsung 'Malu'


Tanpa Kamu Sadari, 5 Benda Ini Jauh Lebih Jorok Dibandingkan Toilet

Disebut Samsung juga mengalami penurunan angka penjualan sebesar 10 persen pada kuartal kedua 2018, 2 persen pada kuartal pertama 2018, dan 4 persen pada kuartal keempat 2017. Hasil ini jelas menggambarkan kalau flagship andalan Samsung, yakni Galaxy S9 dan Note 9 kurang berhasil.

Di sisi lain, Huawei terus mengancam Samsung dengan memeroleh kenaikan penjualan hingga 32 persen pada kuartal ketiga 2018 ini. Hasil ini sekaligus mengukuhkan Huawei menjadi produsen smartphone terbesar kedua melampaui Apple.

Sementara Xiaomi yang gila-gilaan menggebrak lewat banyak seri smartphone-nya mendapat peningkatan penjualan hingga 20 persen di kuartal ketiga 2018 ini. Xiaomi sukses melahap pangsa pasar Samsung di India yang notabene memiliki jumlah penduduk sangat banyak.

Baca juga: Supaya Tidak Meledak, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mengisi Baterai Smartphone!

Dengan hasil ini, Samsung tentu saja memiliki pekerjaan rumah yang sangat berat jika tidak ingin benar-benar terdepak. Ya, mereka harus bisa lebih berinovasi melalui smartphone buatannya, baik itu di kelas flagship maupun mid-range.

Baterai Smartphone iPhone XR Diuji, Hasilnya Bikin Samsung 'Malu'

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu