logo


Perpres Mobil Listrik Segera Terbit, Ini Bocorannya

Perpres tersebut akan terbit maksimal tahun ini

6 November 2018 19:39 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal mobil listrik buatan ITS.
Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal mobil listrik buatan ITS. Dok. Kementerian ESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemerintah akan segera menerbitkan payung hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres) terkait pengembangan kendaraan listrik.

Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Perpres tersebut akan terbit maksimal tahun ini tanpa menunggu proses penyelesaian studi tahap berikutnya.

“Tahun ini, kalau tidak kan orang menunggu," tutur Airlangga, di kantor Kemenperin, Selasa (6/11/2018).


Berikan Blok Maratua Khusus untuk Pertamina, Ini Penjelasan Wamen ESDM

Lanjut Airlangga, untuk roadmap-nya sendiri tengah didorong oleh Kemenperin. Saat ini, Perpres tersebut tengah dalam tahap harmonisasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ia pun berharap, Perpres tersebut segera diteken oleh Presiden Jokowi agar dapat mendorong minat investasi pada sektor ini.

"Roadmap-nya sedang kita dorong di peraturan pemerintah atau Perpres terkait dengan fasilitas. Fasilitasnya masih dalam tahap harmonisasi dengan Kemenkeu," lanjutnya.

Dalam regulasi tersebut, sambung Airlangga, Kemenperin mengusulkan pemberian insentif fiskal bagi industri yang mengembangkan mobil ramah lingkungan.

Insentif yang diberikan berupa tax holiday, keringanan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) dan peringanan bea masuk.

"Terutama dengan fasilitas fiskal, di mana fasilitas fiskal ini dibahas bersama dengan super dedictable tax untuk vokasi dan inovasi. Jadi di situ ada terkait dengan PPnBM, terkait dengan roadmap daripada mobil termasuk sedan dan termasuk EV (electric vehicle)," pungkas Airlangga.

Oktober 2018, ICP Dipatok US$ 77,56 Per Barel

Halaman: 
Penulis : Riana