logo


Inilah Mobil Pertama yang Kena Tilang Polisi, Pemiliknya Adalah ...

Pernah kepikiran, siapa orang pertama ditilang polisi?

3 November 2018 11:10 WIB

Surat Tilang Pertama
Surat Tilang Pertama Dream.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pernahkah muncul pertanyaan dalam pikiran, apa mobil pertama yang tercatat sejarah kena tilang oleh polisi, kapan, dan di mana? Ternyata, mobil itu adalah Arnold Benz dan peristiwanya terjadi pada 1896 di Paddock Green, Kent, Inggris sebagaimana dilansir dari Suara.com (12/5).

Arnold Benz dapat dikatakan sebagai 'nenek moyang' dari mobil-mobil Mercedes-Benz saat ini. Adapun pengemudinya, ialah Walter Arnold, satu dari sedikit orang pertama di dunia yang diberikan lisensi menjual kendaraan-kendaraan Benz.

Baca juga: 5 Aroma Ini Menandakan Ada Makhluk Halus di Dekatmu, Cepat Lari!


Kupas Tuntas Kutukan Misterius Segitiga Bermuda!

Arnold, pada Januari 1896, melanggar regulasi lalu lintas setempat yang kala itu mewajibkan pengemudi membawa mobil di kecepatan maksimal 2 mil/jam (3 km/jam). Mobil juga wajib dipandu oleh seseorang yang berjalan kaki di depannya sambil membawa bendera merah.

Ia membawa mobilnya jauh lebih cepat dari batas maksimal. Ia membawa Arnold Benz berlari 8 mil/jam (13 km/jam) yang di zaman itu sudah dianggap kencang. Tanpa dipandu oleh petugas berbendera merah pula.

Alhasil, Arnold pun ditilang oleh polisi yang mengejarnya dengan sepeda. Ia ditilang dengan denda sebesar 1 shilling.

Baca juga: 5 Aroma Ini Menandakan Ada Makhluk Halus di Dekatmu, Cepat Lari!

Tak lama setelah kejadian itu, batas kecepatan lalu ditingkatkan menjadi 14 mil/jam (23 km/jam) dan kewajiban mobil untuk dipandu dihilangkan.

Untuk merayakan, dibuatlah kompetisi balap mobil bertajuk 'The Emancipation Run' yang masih terus ada hingga sekarang, dengan rute London menuju Brighton dan memperlihatkan mobil-mobil klasik produksi sebelum 1905.

Tak Banyak Disadari, Bukan Hanya di Pesawat, Mobil Juga Mempunyai Black Box

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu