logo


Gawat, Pulau Kecil di Indonesia Ditukar dengan Kota New York, Begini Nasibnya Sekarang

Pulau kecil yang terletak di Kepualauan Banda memiliki harta karun yang melebihi emas

2 November 2018 14:58 WIB

kolase New York dan Pulau Run
kolase New York dan Pulau Run kumparan.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pulau  yang terletak di Kepulauan Banda ini hanya memiliki panjang 3 kilometer dan lebarnya 1 kilometer. Lokasinya sendiri lebih dekat denga Darwin, Australia dibanding dengan Jakarta.

Orang menyebutnya dengan Pulau Run. Pada masa lalu, pulau ini sempat menjadi rebutan oleh dua negara besar Inggris dan Belanda. Pada masa itu, Pulau Run mempunyai arti penting dalam perekonomian global karena hasil buminya memiliki nilai setara bahkan lebih mahal dengan emas, yaitu pala.

Baca Juga : Marak Busi Palsu, Simak Ciri-Cirinya Disini!


Arif Wibowo Resmi Pimpin Garuda Indonesia

Pernah Menemukan Rambut di Makanan? Buang Saja Jika Tak Ingin Seperti Ini

Melansir dari liputann6.com (2016), pada abad ke-17 pala dikenal sebagai bahan untuk mengawetkan makanan. Pada saat itu, pemerintahan Elizabet I mulai memperkankan pala sebagai obat penyakit pes, yang dulu sempat mewabah di Eropa.

Berawal dari hal tersebut, harga pala melonjak tajam hingga 10 kali lipat. Kemudian Inggris mengirimkan tim ekspedisi untuk menuju Pulau Run guna mendapatkan pala. Tepat pada tahun 1616, Inggris secara resmi menjadikan wilayah Run sebagai wilayah penjajahannya.

Bahkan Raja Inggris James I sempat mengubah gelarnya menjadi King of England, Scotland, France, Ireland, and Run. Sebegitu berharganya pada kala itu Pulau Run dimata seorang raja.

Wahh, Usai RUPS 6 Direksi Garuda Dicopot

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata