logo


Nekat Mengonsumsi Kokain, Tubuhmu Akan Terkena Resiko Mengerikan Ini !

Sedikit saja penggunaan zat ini sudah bisa mengacaukan kadar zat kimia alami dalam otak

31 Oktober 2018 19:00 WIB

Ilustrasi Narkoba
Ilustrasi Narkoba Alodokter.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kokain adalah narkotika yang paling berbahaya karena daya adiktifnya sangat tinggi. Di Amerika Serikat, kokain atau kokaina digolongkan dalam obat Schedule II, artinya memiliki potensi tinggi untuk disalahgunakan.

Sedikit saja penggunaan zat ini sudah bisa mengacaukan kadar zat kimia alami dalam otak yang disebut dopamin. Produksi dopamin secara berlebihan dapat menyebabkan rasa gembira berlebihan dan sensasi melayang-layang (high). Biasanya sensasi tersebut diikuti dengan gejala seperti di bawah ini, sebagaimana dilansir dari halosehat.com (30/10).

  • Napas memburu atau terengah-engah
  • Insomnia, tidak bisa diam, dan gelisah
  • Nafsu makan hilang
  • Detak jantung jadi lebih cepat
  • Tekanan darah naik
  • Suhu tubuh meningkat (hipertermia)
  • Sensitivitas luar biasa terhadap sentuhan, suara, dan penglihatan

Semakin banyak kamu menggunakan zat ini, maka otak juga akan semakin beradaptasi dengannya. Akibatnya, kamu perlu dosis yang lebih kuat untuk merasakan efek yang sama. Nah, inilah yang berbahaya karena dapat menyebabkan kecanduan dan overdosis.


Hilangkan Mata Sembab Akibat Menangis Hanya Pakai Sendok, Caranya?

Dosis yang lebih kuat dan lebih sering juga dapat menyebabkan perubahan jangka panjang pada senyawa kimia di dalam otak. Tubuh dan pikiran mulai bergantung pada zat ini. Lambat laun, zat ini dapat membuat seseorang kesulitan untuk berpikir jernih, tidur, dan atau sekadar mengingat sesuatu.

Dalam kasus yang parah, kematian mendadak juga dapat terjadi akibat serangan jantung, kejang, dan henti napas. Risiko ini umumnya lebih rentan dialami jika seseorang menggunakan kokain bersamaan dengan alkohol.

Jadi Obat yang Sering Disalahgunakan, Lalu Untuk Apa Kokain Diciptakan?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu