logo


Gawat! Ternyata 5 Jenis Makanan Ini yang Sebabkan Jerawat

Ada baiknya kamu ketahui jenis makanan apa saja yang dapat memicu timbulnya jerawat

30 Oktober 2018 09:32 WIB

Jerawat (meramuda.com)
Jerawat (meramuda.com)
dibaca 718 x

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau yang biasa disebut dengan fast food merupakan jenis makanan yang mengandung kalori, lemak jenuh, serta karbohidrat yang sangat tinggi.

Sebuah studi dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics (2014) mengamati berbagai kebiasaan diet dan menemukan bahwa orang yang memiliki jumlah jerawat sedang sampai berat adalah mereka yang lebih banyak mengonsumsi lemak daripada mereka yang memiliki kulit wajah dengan jerawat yang sedikit atau tidak memiliki jerawat.


Remaja 17 Tahun Ini Akan Menjadi Orang Pertama yang Tinggal di Planet Mars!

4. Refined Grain

Refined grain merupakan biji-bijian yang telah mengalami proses pengolahan atau penggilingan. Contoh dari refined grain, antara lain beras putih, tepung terigu (yang tidak diklaim terbuat dari whole wheat), serta produk olahan dari bahan dasar refined grain; misalnya roti tawar, sereal, crackers, biskuit, dan kue.

Beberapa makanan tersebut tentu cukup sering kita konsumsi. Namun karena telah melalui proses pengolahan, refined grain hanya terdiri dari endosperm yang tinggi akan kalori, karbohidrat, dan mengandung sedikit protein. Refined grain juga lebih mudah dicerna oleh enzim rubuh karena bagian yang mengandung banyak serat sudah dipisahkan dari endosperm-nya.

Namun, hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah cepat yang kemudian dapat memicu kenaikan hormon insulin. Meningkatnya kadar hormon insulin di dalam tubuh juga diduga dapat meningkatkan aktivitas hormon androgen, produksi sebum, serta memperparah kondisi jerawat. Wah, gawat juga nih!

5. Makanan Pedas

Sejujurnya, makanan pedas biasanya tidak menyebabkan jerawat. Akan tetapi, efek samping dari mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah tertentu diketahui dapat meningkatkan kemungkinan munculnya jerawat.

Makanan pedas sendiri menyebabkan reaksi peradangan di dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan suhu, diikuti dengan keringat yang mungkin saja mulai berkucuran di wajah kamu. Nah, keringat yang ‘banjir; tersebut rupanya turut andil dalam memicu pelepasan minyak di kulit yang kemudian memerangkap kotoran dan bakteri sehingga menyebabkan terjadinya jerawat.

Ditulis oleh: Raka Kisdiyatma

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Adu Cepat F1 Vs MotoGP, Menang Mana?

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu