logo


Mudah dan Praktis, Ini Cara Menyimpan Bawang Supaya Awet Berbulan-bulan

Menyimpan bawang supaya awet memang cukup sederhana

26 Oktober 2018 15:24 WIB

Bawang Bombay / Bumbu Dapur
Bawang Bombay / Bumbu Dapur merdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menyimpan bawang supaya awet memang cukup sederhana. Tapi sebelum itu, kamu perlu tahu cara memilih bawang bombay yang segar.

Segar atau tidaknya bawang bombay bisa dibedakan dengan hal ini: kepalanya tidak berkecambah, ditekan masih keras, dicium tidak berbau dan tidak berambut.

Baca juga: Motong Bawang Bikin Nangis? Pakai 'Teknik Jitu' Ini dan Matamu Tak Akan Perih Lagi!


Diperkirakan Harga Bawang Merah Naik Hingga Desember

Bawang bombay masih utuh jika ditaruh di kulkas, malah cepat busuk dan cepat lembek sekaligus meninggalkan bau di kulkas.

Banyak orang salah paham dengan fungsi kulkas. Alat ini memang ditujukan untuk menyimpan bahan makanan baik mentah maupun matang agar lebih awet.

 

Temperatur rendah merangsang tumbuhnya tunas pada bawang merah utuh. Jadi kalau ingin menyimpan bawang di kulkas, kupas terlebih dahulu dan buang bagian pangkalnya.

Kamu bisa juga memotong bawang sampai tipis-tipis lalu menyimpannya di freezer agar lebih awet.

Baca juga: Akhirnya Peneliti Ungkap Ciri Utama Orang yang Berotak Mesum!

Bawang bombay yang masih utuh (yang belum dipotong atau dibuang kulitnya) cukup taruh di dalam jaring-jaring atau kantong kertas, lalu letakkan di tempat yang kering dan teduh. Dengan cara yang tepat, bawang bombay bisa bertahan 1-3 bulan.

Ternyata mudah kan merawat bawang merah dan putih agar kesegarannya terjaga. Kalau bahan makanan bisa bertahan lama, ongkos belanja jadi makin irit deh!

Motong Bawang Bikin Nangis? Pakai 'Teknik Jitu' Ini dan Matamu Tak Akan Perih Lagi!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu