logo


Akhirnya Peneliti Temukan Bentuk Inti Bumi, Ini Penampakannya

Inti bumi yang terkubur ribuan kilometer di dalam tanah

26 Oktober 2018 14:11 WIB

Planet bumi.
Planet bumi. Pixabay

JITUNEWS.COM - Peneliti dari Australia National University (ANU) telah menemukan wujud dari inti Bumi. Hasil yang dipublikasikan melalui jurnal Science, Hrvoje Tkal?i? dan Than- So Pham dari ANU menjelaskan bahwa inti Bumi berbentuk zat padat dan sedikit lembek.

Para peneliti ini berhasil menemukan wujud inti Bumi karena adanya gelombang geser yang terdeteksi dari inti Bumi. Gelombang jenis ini adalah jenis gelombang yang disebabkan oleh gempa bumi yang terjadi di bumi, seperti yang dikutip dari uzone.id (23/10).

Baca Juga : Waduh, Menjelang Pemilu, Caleg Ini Punya Visi Blokir DOTA 2 dan COC


29 Juli Kiamat? Begini Kata NASA

Walaupun Beda Pemikiran, Jokowi dan Prabowo Ternyata Memiliki Weton Sama

Gelombang geser yang terjadi di inti Bumi sangat lemah sehingga tidak diamati secara langsung. Tak mudah bagi para peneliti ini untuk menemukan bentuk inti bumi, peneliti ini menggunakan metode correlation wavefield di mana melihat kesamaan antara sinyal yang diterima dua receiver setelah terjadi gempa bumi besar.

Baca Juga : Nomor Urut Genap Selalu Menang Dalam Pilpres, Mitoskah?

Denny Siregar : HTI Itu PKI Masa Kini

Inti dalam Bumi ini merupakan planet di dalam Bumi yang terletak di bawah tanah ribuan kilometer, bentuknya seperti kapsul waktu, seperti yang diungkapkan oleh Tkal?i?. Tak puas dengan hasil penelitiannnya, ia akan meneliti kembali karakteristik dan suhu dari inti Bumi.

 

 

Gara-Gara Rotasi Bumi Melambat, Gempa Bumi Besar Akan Mengguncang Wilayah ...

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata