logo


Boss vs Leader, Kamu Tipe yang Mana?

Bos dan Leader ternyata berbeda lho, kamu tipe yang mana?

25 Oktober 2018 12:17 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi
dibaca 2661 x

Bos dan leader (pemimpin) adalah dua kata sebutan untuk seorang atasan. Namun ternyata, keduanya memiliki makna yang berbeda. Biasanya kata bos memunculkan kesan yang negatif. Saat kita menyebut seseorang dengan ‘bos’ atau ‘bossy’, kita menyiratkan orang tersebut berperilaku kurang baik.

Berdasarkan pengertian di atas, bos adalah orang dengan status tertentu yang memegang posisi lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang ia tangani di dalam sebuah organisasi. Menjadi bos mengacu pada posisi kekuasaan tertentu dan seorang bos akan memiliki kekuasaan atas bawahannya karena peran ini.

Baca Juga : Dibalik Lagu Nina Bobo : Bikin Merinding dan Gak Lagi-Lagi Nyanyi Lagu Ini


Sindrom Asperger Bukanlah Autisme, Melainkan Cikal Bakal 'Einstein' Baru

Harganya Mencapai Setengah Triliun, Ternyata Racun Kalajengking Bisa Untuk Obat

Sedangkan kata leader atau pemimpin biasanya mempunyai kesan yang lebih positif. Kita sering memuji seseorang dengan kalimat, “Dia adalah pemimpin yang hebat dan cerdas”. Nah, kata pemimpin di sini lebih bermakna positif dan sering digunakan dalam konteks orang yang kita hormati.

Makanan Sehat Granola : Salah Satu Penyebab Naiknya Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Nah berikut perbedaan dari bos dan leader, dikutip dari ruangguru.com(10/5)

1. Pemimpin Mendengarkan, Bos Berbicara

Coba kalian ingat-ingat, berapa lama kalian berbicara dalam sebuah rapat? Bandingkan dengan lamanya kalian mendengarkan dalam sebuah pertemuan yang sama. Jika kalian lebih sering berbicara, maka kalian lebih mirip dengan karakter seorang bos. Namun, jika kalian lebih sering mendengarkan dan memberikan waktu kepada bawahan untuk mengemukakan pendapatnya, maka kalian telah memiliki kapasitas sebagai seorang pemimpin.

Kamu Sering Berbohong, Jangan-Jangan Kamu Menderita Penyakit Ini

Halaman: 
Admin : Nugroho Meidinata