logo


Ini Strategi Jitu PLN Kurangi Ketergantungan Solar

Proyek PLTD Nabati diharapkan bisa mengurangi angka ketergantungan PLN terhadap solar.

23 Oktober 2018 20:57 WIB

Ilustrasi, gedung PLN.
Ilustrasi, gedung PLN. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM – PT PLN (Persero) saat ini sedang mempelajari kemampuan PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) dalam mengkonsumsi 100 persen minyak sawit sebagai bahan bakar pengganti Solar.

Direktur Perencanaan PLN, Syofvie Rukman, mengatakan, proyek PLTD Nabati ini diharapkan bisa mengurangi angka ketergantungan PLN terhadap solar.

"Kami lihat ya, ini sedang kami pelajari betul. Kami pelajari, apa mungkin nggak mengganti itu, atau mungkin nggak kita mengubah itu 100 persen PLTD memakai CPO," tutur Syofvie di Jakarta, Selasa (23/10).


PLN Terbitkan Global Bond US$ 1,5 Miliar, untuk Apa?

Soyfvie melanjutkan, kini pihaknya juga tengah menunggu hasil studi pembangunan PLTD berbahan bakar CPO murni oleh Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM. Diperkirakan, pembangunan PLTD tersebut akan rampung akhir tahun ini.

Menurutnya, penggunaan CPO murni pada PLTD sangat memungkinkan karena banyak negara-negara lain yang telah menerapkan hal tersebut.

"Belitung itu kan lagi dibangun tuh sama ESDM. Akhir tahun ini kan kayaknya jadi. Jadi nanti detailnya setelah itu. Itu makanya lagi kita liat. Coba nanti ya, akhir tahun kita liat establishnya kayak gimana," kata Syofvie.

Kemudian, lanjut dia, PLTD Nabati ke depan juga perlu diketahui detail jenis CPO yang seperti apa yang bisa digunakan.

"Kami juga harus lebih tahu kandungan CPO seperti apa yang cocok sama mesin," tuntasnya.

Lebihi Target, Rasio Elektrifikasi di Kuartal III Capai 98%

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×