logo


Anak Usaha Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru di Sulteng

Temuan cadangan ini merupakan hasil pengeboran sumur eksplorasi Wolai – 001 (WOL-001) pada 17 Agustus 2018

22 Oktober 2018 21:25 WIB

Pekerja memeriksa pipa PT Pertamina EP.
Pekerja memeriksa pipa PT Pertamina EP. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP (PEP), berhasil menemukan cadangan gas dan kondensat di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Temuan cadangan ini merupakan hasil pengeboran sumur eksplorasi Wolai – 001 (WOL-001) pada 17 Agustus 2018 menggunakan rig E-52 milik PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) mencapai kedalaman akhir 2.365 meter.

“Sejak tajak sampai saat ini performance rig terkait sangat mendukung keberhasilan pemboran berkat sinergi dan mutual benefit. Ini merupakan angin segar dan kebanggaan bagi Pertamina EP untuk mendukung ketahanan energi nasional bagi bumi pertiwi,” beber Exploration and New Discovery Project Director PT Pertamina EP, Achmad Alfian Husein, Senin (22/10).


Lelang WK Migas Tahap II, Pemerintah Kantongi Bonus Tandatangan USD 5,5 Juta

Alfian menuturkan, penemuan cadangan migas dan kondensat itu dipastikan setelah Tim Exploration Drilling Wolai-001 dari PEP melakukan Drill Stem Test (DST) atau Uji Kandung Lapisan pada batuan karbonat Formasi Mentawa mulai dari DST interval pertama maupun interval yang kedua.

Ia lantas berharap, untuk DST selanjutnya bisa mengalirkan hidrokarbon sehingga diperkirakan bisa mendapatkan tambahan cadangan gas sekitar 200 juta kaki kubik.

Begini Strategi Jitu Pertamina Bikin UMKM Naik Kelas

Halaman: 
Penulis : Riana