logo


Tipe-tipe Karyawan yang Ada Indonesia, Kamu Nomor Berapa?

Tipe karyawan yang mana pun kamu, jangan lupa bahwa kamu bekerja dengan karyawan lainnya yang memiliki kepribadian yang berbeda

18 Oktober 2018 09:58 WIB

Karyawan
Karyawan
dibaca 10 x

Sang Ahli

Karyawan tipe ini mencari pengetahuan, keahlian, dan spesialisasi di bidang tertentu. Jika kamu merupakan tipe satu ini, kamu cenderung suka dengan peranan yang memerlukan pengetahuan dan skill khusus, terutama yang kamu kuasai benar. Kamu juga senang apabila orang-orang di sekitar mengakui kemampuanmu, atau memintamu mengerjakan sesuatu yang memang ranah yang kamu kuasai.

Sang ahli senang dengan adanya pengembangan diri, juga senang berada dalam lingkungan yang memiliki target-target tertentu, dan senang mengajari orang lain. Tak jarang, ia pun rela lembur atau bahkan tidak pulang, untuk menyelesaikan pekerjaan dan target yang dimilikinya, karena ia tertantang mengerjakan sampai tuntas pekerjaan yang sesuai keahliannya tersebut.


Martabak Manis VS Martabak Telur, Ini Sejarah Dua Makanan Populer Tersebut

Sang Pencari

Untuk tipe kedua ini, karyawan cenderung mencari makna dan tujuan di tempat ia bekerja, serta ingin membuat perubahan yang lebih baik. Sang pencari senang dengan perusahaan atau organisasi yang memiliki makna atau nilai tertentu yang dijunjung, sehingga ia bisa banyak belajar dan memiliki peranan yang signifikan untuk membawa perubahan pada perusahaan tersebut.

Karyawan ini cenderung menghindari perusahaan dengan sistem organisasi yang kaku dan sulit berkontribusi. Terbayang kan, bagaimana “terkurungnya” ia karena tidak bisa bebas bereksplorasi? Termasuk karyawan tipe ini? Berarti kamu akan senang jika diberikan feedback soal kontribusi kamu membawa perubahan bagi perusahaan dan jika diberikan tugas dan tanggung jawab yang penting dan beragam yang hasil kontribusinya bisa kamu lihat secara langsung.

Sang Sahabat

Tipe karyawan ini senang jika mereka diterima oleh lingkungannya, dan dilibatkan dalam kegiatan kelompok dan pertemanan sesama karyawan. Ia senang dengan perusahaan dengan etos kerja tim yang kuat, memiliki aktivitas sosial, dan kesempatan untuk membantu orang lain. Selain itu, budaya yang berpusat pada orang-orang dalam perusahaan paling disenangi oleh mereka yang termasuk tipe satu ini, istilahnya ia people-oriented.

Gambar Apa yang Kamu Lihat? Jawabanmu Adalah Kepribadianmu

Halaman: 
Admin : Aurora Denata