logo


Genjot Nilai Ekspor, KKP Ajak Eksportir dan Pembudiaya Manfaatkan Raiser Ikan Hias

Saat ini, jumlah ekspor ikan hias Indonesia masih yang tertinggi di dunia, hanya saja secara nilai (value) Indonesia masih kalah dengan Singapura.

15 Oktober 2018 20:22 WIB

Ilustrasi ikan hias.
Ilustrasi ikan hias. Istimewa

BOGOR, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rifky Efendi Hardijanto, mengatakan, hingga saat ini volume atau jumlah ekspor ikan hias Indonesia masih yang tertinggi di dunia, hanya saja secara nilai (value) Indonesia masih kalah dengan Singapura.

“Secara volume kita nomer satu, tapi memang secara nilai masih kalah. Karena ikan Indonesia yang diekspor belum semuanya masuk seleksi. Seperti ikan hias yang diekspor ke Singapura, ikan yang masuk dipilih dan seleksi baru diekspor lagi dengan harga yang jauh berkali-kali lipat,” kata Rifky, saat menghadiri acara puncak bursa dan kontes ikan hias 2018, di Raiser Cibinong, Bogor, Minggu (14/10) lalu.


Beromzet Puluhan Juta, Ini Rahasia Sukses Misir Jalankan Usaha Budidaya Ikan Hias

Oleh karenanya, Rifky mengajak, para pengusaha eksportir ikan hias maupun pembudidaya bisa memanfaatkan Raiser agar ekspor ikan hias kita bukan hanya volumenya saja yang besar, tapi nilainya juga lebih besar.

Seperti diketahui, hingga saat ini Indonesia memiliki Raiser yang ada di Cibinong, dan Sub Raiser di Blitar dan Yogyakarta.

“Indonesia bisa jadi number one atau raja ikan hias dunia, asalkan ikan hias yang akan diekspor bisa diseleksi dulu jadi haraganya jauh bisa lebih besar,” papar Rifky.

“Jika sudah masuk seleksi, kualitas ikan hias kita sama rata bagus, lalu langkah yang harus kita tempuh branding, kalau itu produk Indonesia. Jadi, dunia ketika mencari ikan hias langsung datang ke Indonesia. Kalau sudah seperti itu, tidak mustahil kita jadi number one eksportir terbesar ikan hias dunia,” sambungnya.

Yeay! KKP Berhasil Kembangkan Ikan Hias Laut Endemik Banggai Cardinal Fish

Halaman: 
Penulis : Riana