logo


4 Tips Makan Siang Sehat Para Pekerja Kantoran! No 2 Harus Dipraktekan

Riset membuktikan, menu makan siang yang tak sehat berisiko tinggi menyebabkan kegemukan

11 Oktober 2018 10:50 WIB

Gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi
dibaca 160 x

Keterbatasan waktu dan tempat membuat pekerja kantoran sering memilih menu makanan yang mudah dan instan. Sayangnya, hal ini bisa berimbas pada kesehatan pekerja.

Riset membuktikan, menu makan siang yang tak sehat berisiko tinggi menyebabkan kegemukan, naiknya tekanan darah dan kolesterol, hingga mengganggu produktivitas.

Selain itu, ada juga risiko penyakit tidak menular di masa depan.


Waduh, Ternyata Selama Ini Kamu Ditipu Mitos Soal Alkohol!

Membawa bekal makan siang dari rumah adalah salah satu cara memastikan menu makan siang Anda sehat dan memiliki gizi seimbang. Namun, bagi yang tak membawa bekal, kami merangkum 4 langkah untuk memilih menu makan siang sehat. Apa saja?

1. Rencanakan sejak pagi

Merencanakan menu makan siang yang sehat akan jauh lebih mudah dilakukan saat sudah sarapan dengan perut kenyang, dibandingkan saat sudah mulai lapar. Saat telanjur lapar, maka pilihan menu makan akan cenderung tidak sehat dan mengandung banyak kalori.

2. Gizi seimbang

Makan siang yang baik haruslah memenuhi prinsip gizi seimbang. Dengan kata lain, ada sumber karbohidrat, protein, serat serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

3. Salad dan smoothies

Tak ada salahnya menambah salad dan smoothies dalam menu makan siang Anda. Salad dan smoothies dapat menjadi sumber serat yang baik, sekaligus menyegarkan tenggorokan dan mengirit pengeluaran karena salad dan smoothies bisa diperoleh dengan harga murah.

4. Roti dan sandwich

Pilih menu roti atau sandwich yang memiliki isi selai kacang, dada ayam atau telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Hindari penggunaan mayonaise dan mentega yang terlalu banyak karena dua bahan tersebut mengandung banyak lemak jenuh.

Ditulis oleh: Rakakiz Stream

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Inilah Beberapa Kota Rawan Likuifaksi, Apakah Salah Satunya Kotamu?

Halaman: 
Admin : Riana