logo


Sejarah Terciptanya Kondom dan Siapa Orang Pertama yang Memakainya?

Ternyata kondom mempunyai sejarah yang panjang

10 Oktober 2018 10:49 WIB

Ilustrasi kondom
Ilustrasi kondom Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kondom adalah alat kontrasepsi yang cukupsering digunakan saat ini. Selain mencegah kehamilan, kondom juga mencegah tertularnya virus dan bakteri berbahaya.

Dokumentasi pertama pada tahun 1564 yang ditulis oleh Gabrielle Fallopio, seorang dokter ahli anatomi. Fallopio menciptakan sebuah sarung untuk penis dari bahan linen, gunanya untuh mencegah penyebaran penyakit menular seksual. Seperti dilansir dari laman unikpedia.com.

Baca juga: Wolffish, Ikan Monster Penghuni Dasar Laut yang Sanggup Telan Anak Kecil


Inilah Benda Paling Langka Sekaligus Paling Mahal di Bumi

Beberapa tahun kemudian, rancangan Fellopio menjadi makin terkenal. Raja Inggris Charles II disebut sebagai salah seorang yang mempopulerkan kondom pada tahun 1600an. Raja Inggris memerintahkan anak buahnya yang bernama Dr. Kondom untuk mencari cara agar dirinya bisa terhindar dari penyakit menular seksual.

Solusi yang ditawarkan dari Dr. Kondom adalah memakai sarung yang terbuat dari usus hewan. Asal mula nama kondom sendiri masih diperdebatkan, apakah namanya diambil dari Dr. Kondom atau mengambil dari istilah  bahasa latin "condun" yang berarti melindungi.

Kondom tertua yang berhasil ditemukan berasal dari tahun 1640. Sedangkan titik balik kemunculan kondom moderen adalah pada tahun 1839. Ketika Charles Goodyear menemukan proses  vulkanisasi, sebuah proses yang membuat karet menjadi elastis dan tahan lama. Penemuan itu memungkinkan kondom untuk diproduksi masal pada tahun 1844.

Baca juga: Tersembunyi Dibalik Gunung Es, Terdapat Desa Dengan Pemandangan Menakjubkan!

Perkembangan kondom moderen dilanjutkan oleh Julius Fromm pada tahun 1912. Dia menemukan cara untuk mencetak kondom dengan  mencetak ke larutan karet mentah kemudian dikeringkan dengan udara panas. Produk ini lebih tipis, elastis dan tahan lama.

Tes Kepribadian: Hal Pertama Kamu Lihat Adalah Dirimu yang Sebenarnya

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu
 
×
×