logo


Sering Dijadikan Bahan Guyonan, Inilah Penemu Kaca Spion yang Sebenarnya!

Membahas tentang kaca spion, hal ini sering dijadikan bahan candaan karena dinilai sepele tapi berbobot, tanpa kita tahu siapa penemu sebenarnya

9 Oktober 2018 11:37 WIB

Kaca Spion
Kaca Spion kumparan.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Membahas tentang kaca spion, hal ini sering dijadikan bahan candaan karena dinilai sepele tapi berbobot. Kita tahu bahwa manfaat kaca spion bagi kendaraan sudah tidak diragukan lagi.

Dibalik manfaatnya, kita tak tahu bagaimana spion ini bisa tercipta. Melansir dari liputan5.com (4/5/2017), ternyata kaca spion tercipta secara 'tidak sengaja'.

Baca juga: Sindrom Asperger Bukanlah Autisme, Melainkan Cikal Bakal 'Einstein' Baru


Ternyata Ini Fungsi Sebenarnya Dari Kantong Kecil di Celana Jeans

Berawal dari abad ke-20, dimana saat itu dunia balap sedang berkembang. Waktu itu mobil balap tidak memiliki kaca spion, untuk melihat kebelakang, pembalap mendandalkan asisten. Tugas asisten adalah mengamati keadaan, dan melaporkannya ke pembalap.

Pada tahun 1911, seorang pembalap bernama Ray Harroun kesulitan mencari asisten untuk turnamen Indianapolis 500. Karena tidak juga ketemu sampai menjelang balapan, akhirnya dia mengakalinya dengan memasangkan cermin di mobil.

Baca juga: Misteri Dibalik Segitiga Bermuda Akhirnya Terpecahkan

Trik Harroun ternyata membuahkan hasil yang baik. Ia tetap dapat melihat ke belakang tanpa asisten. Selain itu, dengan berkendara sendiri, maka mobil bisa melaju lebih cepat. Harroun pun disebut memenangkan lomba.

Siapa yang menyangka kalau di musim selanjutnya, seluruh pembalap yang ikut dalam kompetisi menggunakan kaca serupa milik Ray Harroun.

Sejak saat itulah penggunaan spion semakin merebak, bukan hanya di area balap tapi meluas di kendaraan-kendaraan biasa.

Wolffish, Ikan Monster Penghuni Dasar Laut yang Sanggup Telan Anak Kecil

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu
 
×
×